Basarnas Maumere Tutup Siaga SAR Lebaran

Basarnas Maumere Tutup Siaga SAR Lebaran
Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Maumere menutup secara resmi pelaksanaan Siaga SAR Khusus Angkutan Lebaran 1444 Hijriah/2023 Masehi.

Maumere | Okebajo.com | Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Maumere menutup secara resmi pelaksanaan Siaga SAR Khusus Angkutan Lebaran 1444 Hijriah/2023 Masehi.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere Mexianus Bekabel, S.Sos., MM memimpin Apel penutupan yang berlangsung di halaman Kantor Basarnas Maumere, Rabu, 3 Mei 2023.

Seluruh pegawai dan Potensi SAR hadir mengikuti upacara tersebut.

Mexianus menjelaskan pelaksanaan Siaga SAR Khusus Lebaran dari tanggal 13 April sampail 3 Mei Tahun 2023 telah berjalan dengan aman dan terkendali.

Operasi siaga SAR dilakukan di Pelabuhan dan Bandara Maumere, Labuan Bajo, Ende, Lembata dan Alor.

“Seluruh personil telah melaksanakan siaga dengan mengedepankan safety, perfomance dan sinergitas bersama TNI/Polri, KSOP, Pelindo, BMKG dan unsur potensi SAR lainnya yang berada di Posko terpadu,” jelas Mexianus Bekabel.

Operasi SAR 2023

Mexianus menyebutkan siaga SAR Khusus Lebaran Tahun 2023, Kantor Basarnas Maumere melaksanakan 3 operasi SAR, yaitu Operasi SAR Kecelakaan Kapal sebanyak 2 kali dan bencana alam banjir 1 kali.

Dalam operasi SAR  kecelakaan pelayaran, Tim SAR Gabungan berhasil menyelamatkan 12 orang korban yang kala itu hendak mudik dari Pulau Kojadoi menuju Pulau Sukun Kabupaten Sikka. Kasus ini, kata dia, menjadi perhatian Basarnas Pusat.

“Kami bersyukur pada pelaksanaan operasi tersebut seluruh korban dapat dievakuasi selamat. Tentu itu semua berkat kerja keras kita semua bersama potensi SAR“, ujarnya.

Ia pun  berharap kepada seluruh pegawai dan potensi SAR  agar terus meningkatkan solidaritas, koordinasi.

“Tingkatkan kualitas ilmu SAR yang dimiliki sehingga saat pelaksanaan operasi SAR dan Siaga selalu mengedepankan respon time dan safety yang aman bagi seluruh Tim SAR,” pintanya. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *