TNI Kerahkan 9.428 Personel & 162 Alutsista Amankan KTT ASEAN

TNI Kerahkan 9.428 Personel & 162 Alutsista Amankan KTT ASEAN
Apel gelar pasukan gabungan pengamanan KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Sabtu (6/5/2023) pagi. Foto/Humas Polres Manggarai Barat

Labuan Bajo | Okebajo.com | TNI Kerahkan 9.428 Personel dan 162 Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) TNI untuk pengamanan KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo,  Kabupaten Manggarai Barat, Privinsi Nusa Tenggara Timur.

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono S,E.,M.M  menjelaskan, Personel TNI tersebut tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) meliputi Satgas Badan Intelijen Strategis (Bais), Satgas Pengamanan Wilayah (Pamwil), Satgas Pam VVIP, Satgas Passus (Pasukan Khusus), Satuan Tugas Udara  (Satgasud), Satuan Tugas Laut (Satgasla), Satgas Bandara/Pelabuhan/Kal TNI, Satgas Medis, Satgas Komunikasi Elektronik (Komlek), Satgas Pen (Penerangan), Satgas Evakuasi, dan Satgas Cyber.

Adapun Alutsista dari ketiga Angkatan yang akan digunakan  untuk pengamanan VVIP, di antaranya Sea Rider, Helly Bel 412, Helly Panther, M3CS, CMOV, F-16, Sec Door, Metal Detector, Ran Aksus, Rantis Anoa, Ransus Nubika, Ransus Jihandak, Ambulance Mini ICU, Rantis Kopasgat, Mobil listrik PM, Ransus CBRNE Sprinter dan Mobil Inkas Koopssus TNI.

Apel Gelar Pasukan

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono memimpin apel gelar pasukan Pengamanan KTT ASEAN  di lapangan SMAK St. Loyola, Labuan Bajo pada Sabtu pagi, 6 Mei 2023.

Dalam rilis Pusat Penerangan TNI menjelaskan, Apel gelar pasukan bertujuan untuk mengecek kesiapan Prajurit TNI yang akan melaksanakan tugas pengamanan para Kepala Negara dan delegasi KTT ASEAN.

Apel gelar pasukan  sebagai implementasi pelaksanaan tugas  pokok operasi militer selain perang.  Yaitu membantu mengamankan tamu negara setingkat Kepala dan Perwakilan Pemerintah Asing yang sedang berada di Indonesia.

Apel gelar pasukan ini juga dalam rangka pematangan kesiapan operasional, sebab informasi-informasi terkait perkembangan kondisi dan situasi yang saat ini diperoleh lebih lengkap untuk menyempurnakan yang masih kurang  dan dilakukan  kerjasama semua unsur terkait secara humanis dan bersinergi.

Bertindak sebagai Komandan upacara apel gelar pasukan adalah Kolonel Inf Samsul Huda, S.E., M.Sc yang kesehariannya menjabat Komandan Brigade Infanteri (Danbrigif 21/Komodo).

Sejumlah 315 personel  TNI mengikuti apel gelar pasukan ini. Terdiri dari unsur Satuan Tugas Pengamanan Wilayah (Satgas Pamwil), Satgas Pam VVIP, Satgas Pasukan Khusus (Satgas Passus), Satgas Laut (Satgasla) dan Satgas Udara (Satgasud).

Sementara  itu, alutsista yang digelar di lapangan Apel meliputi  4 unit mobil kawal dan 6 unit motor kawal, 2 unit ILSV, 3 unit Ransus Anoa, 4 unit mobil listrik (POM), 1 unit Ransus Jihandak Jefender dan 1 unit kendaraan anti drone. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *