743 Personel Satgas Walrolakir Amankan Lalulintas Delegasi ASEAN Summit

743 Personel Satgas Walrolakir Amankan Lalulintas Delegasi ASEAN Summit
Dalam pengamanan lalulintas, Satgas Walrolakir mendirikan Posko K3i sebagai pusat komunikasi, koordinasi, kendali dan informasi terkait pelaksanaan tugasnya. Foto/Humas Polres Manggarai Barat.

Labuan Bajo | Okebajo.com | Satuan Penugasan (Satgas) III Pengawalan, Rute, Patroli dan Parkir (Walrolakir) menerapkan rekayasa lalulintas buka-tutup saat para delegasi KTT ASEAN melintas.

Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen. Pol Aan Suhanan menjelaskan, penerapan rekayasa lalulintas demi
keamanan dan kelancaran rute perjalanan para delegasi KTT ASEAN di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Dalam pengamanan lalulintas, Satgas Walrolakir mendirikan Posko K3i sebagai pusat komunikasi, koordinasi, kendali dan informasi terkait pelaksanaan tugasnya.

Terjunkan 743 Personel

Eks Dirsamapta Korsabhara Baharkam Polri ini merinci Satgas Walrolakir terdiri dari 3 sub tugas, yakni Sub Satgas Pengawalan, Sub Satgas Rute, dan Sub Satgas Parkir dengan menerjunkan 743 personel.

Brigjen Pol Aan Suhanan menyebut ratusan personel lalulintas itu telah mengikuti pelatihan terkait tugas informasi pengawalan, mengendarai kendaraan saat mengawal delegasi.

“Kita sudah gladi rangkaian, personel sudah kita latih. Nantinya kesiapan-kesiapan kita ini baik personel maupun kendaraannya  bisa maksimal untuk melakukan tugas pengawalan ini,” ujar Aan Suhanan.

Rekayasa Lalulintas buka tutup

Suhanan menerangkan bahwa, pihaknya menerapkan  rekayasa lalu lintas buka tutup demi keamanan dan kelancaran rute para delegasi KTT ASEAN.

Untuk itu, kata Suhanan, Satgas Walrolakir  menerapkan beberapa langkah seperti pengawalan dan pembersihan rute, serta rekayasa lalulintas”, jelasnya.

“Sebelum delegasi melintas akan dilakukan rekayasa lalu lintas buka tutup. Tidak permanen, tapi hanya saat delegasi melintas”, terangnya.

Jenderal bintang satu itu menambahkan bila delegasi sudah melintas akan diberikan waktu satu jam sebelum lalu lintas kembali dibuka normal.

“J+1 atau satu jam setelah, kita akan buka kembali arus lalu lintas,” ujar Aan Suhanan.

Aan Suhanan berharap pelaksanaan KTT Asean Summit di Labuan Bajo bisa berjalan dengan baik, aman dan lancar.

“Kami mengimbau masyarakat untuk tetap mengikuti apa yang sudah diatur oleh para petugas, karena ini juga untuk kemajuan Masyarakat Labuan Bajo yang dipromosikan lewat event KTT ASEAN ini,” imbaunya. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *