Deklarasi Forum Komunikasi Orang Muda Lintas Organisasi

Deklarasi Forum Komunikasi Orang Muda Lintas Organisasi
Teldy Darung, (Ketua Forum Komunikasi Orang Muda Lintas Organisasi Kabupaten Manggarai Barat). Foto/istimewa

Labuan Bajo | Okebajo.com | Tak terbantahkan, pemuda adalah agen perubahan dan agen pembaharuan.

Sejarah bangsa ini mencatat. Bahwa sejak masa perjuangan kemerdekaan Indonesia, peran pemuda sangat penting dan tidak diragukan lagi. Eksistensi dan peran pemuda tak pernah luntur.

Deklarasi sumpah pemuda menjadi tonggak penting kebangkitan orang muda dalam derap langkah perjuangan bangsa dan negara ini.

Mereka berhasil karena mereka bersatu.  Begitu besarnya peranan pemuda ketika itu.

Soekarno, Presiden Indonesia mendengungkan, “Beri aku 1000 orangtua, niscaya akan kucabut semeri dari akarnya, beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncang dunia”.

Deklarasikan Forum

Terinspirasi dari spirit Sumpah Pemuda itulah merasuki  jiwa  para pemuda di Labuan Bajo hari ini. Mereka datang dari keberagaman. Membangun sebuah komunitas diskusi atau dialog panjang lebar.

Konklusi  dari dialog itu kemudian  mendeklarasikan sebuah wadah yang mereka sebut Forum Komunikasi Orang Muda Lintas Organisasi di Labuan Bajo.

Keanggotaan Forum ini majemuk.   Terdiri dari semua komunitas orang muda, baik dari elemen ormas maupun organisasi internal keagamaan.

Forum ini lahir dari  curah gagasan bersama. Duduk bersama sembari membangun dialog secara demokratis tentang apa yang harus orang muda lakukan secara bersama sama.

Adalah Romo Beny Jaya, Pr  memandu alur dialog yang berlangsung di Aula Kevikepan Labuan Bajo, Senin, 8 Mei 2023 kemarin.

Spririt forum ini untuk mempersatukan semua komunitas orang muda agar bersama sama membangun peradaban, persaudaraan sesama orang muda dan dengan masyarakat.

Mereka sadari bahwa para pemuda harus menjadi agen pembaharuan.

Menjadi subjek pembaharuan itu, maka para pemuda harus juga memiliki kepekaan sosial dan kemampuan analisis yang tajam.

Para pemuda  yang peka dan berkapasitas mumpuni dapat menganalisis tanda- tanda zaman untuk memilih mana yang memang perlu untuk diubah dan juga mana yang seharusnya dipertahankan selaras konteks kekinian.

Struktur kepengurusan

Setelah sepakat membentuk Forum, dialog itu juga  berhasil memilih pengurus untuk periode setahun.

Peserta dialog sepakat mendapuk Teldy Darung sebagai Ketua Forum Komunikasi Orang Muda Lintas Organisasi Kabupaten Manggarai Barat.

Sekretaris  Idris Semiun,  Bendahara  Nova Garu dan Yuvensia Silla.

Sesangkan pembina Forum ini, mereka memohon kesediaan Vikep  Labuan Bajo, Romo Rikardus Mangu, Pr, anggota FKUBA dan Bernadus Barat Daya.

Komposisi  kepengurusan Forum ini akan dilengkapi dalam rapat selanjutnya.

Adapun agenda tindak lanjut ke depan yang mereka sepakti adalah Lebaran dan Paskah bersama,  penghijauan dan pungut sampah serta dialog lintas agama.

Selain itu, Forum menugaskan semua peserta dialog untuk menyampaikan kepada semua anggota tentang keberadaan forum ini dan kiranya menjadi wadah bersama lintas organisasi untuk suatu perubahan dan pemajuan.

Dukung KTT ASEAN Labuan Bajo

Agenda penutup dalam dialog ini adalah  menegaskan pernyataan  mendukung kesukseaan KTT ASEAN Labuan Bajo.

Mereka berharap agar semua komunitas orang muda dan tokoh- tokoh muda menjadi garda terdepan menjaga kedamaian dan keamanan perhelatan internasional KTT  ke-42 ASEAN yang tengah berlangsung di Labuan Bajo.

“Kita harus bangga Labuan Bajo  menjadi Jakarta sepekan. Ibukota  negara seolah olah ada di Labuan Bajo.  Dan Labuan Bajo menjadi pusat perhatian dunia sebab berkumpul  semua kepala negara ASEAN  dan para delegasinya. Suatu saat di hari mendatang pasti ada dampak positif yang besar bagi Labuan Bajo, bagi kita,” ujar Bernadus Barat Daya, Ketua Ikatan Sarjana Katolik Kabupaten Manggarai Barat. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *