Hasil KTT Ke-42 ASEAN di Labuan Bajo

Avatar photo
Hasil KTT Ke-42 ASEAN di Labuan Bajo
Foto/BPMI Setpres

Labuan Bajo | Okebajo.com | Perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur  telah usai hari ini, Kamis, 11 Mei 2023.

“Alhamdulillah, penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN telah berhasil dengan lancar dan dengan hasil yang baik. Indonesia ingin melihat ASEAN kuat, mampu menghadapi tantangan, tanggap terhadap dinamika, dan tetap memegang peran sentral di kawasan.

Oleh karena itu, kemarin saya ajak para leaders untuk berlayar bersama naik kapal pinisi agar suasananya rileks dan kekeluargaan. Karena memang ASEAN ini adalah satu keluarga, ikatannya sangat kuat, kesatuannya sangat penting untuk berlayar menuju tujuan yang sama, menjadikan ASEAN epicentrum of growth dan kawasan damai, stabil, dan sejahtera.

Adapun beberapa kesimpulan penting dari KTT ini adalah ;

1. Hal-hal terkait kepentingan rakyat menjadi perhatian penting

Presiden Jokowi menyampaikan poin pertama dari hasil KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo. Kata Jokowi, kesimpulan yang pertama terkait hal yang menyentuh kepentingan rakyat menjadi perhatian penting para leader. Termasuk perlindungan pekerja migran dan perdagangan manusia.

“Adapun beberapa kesimpulan penting dari KTT ini adalah yang pertama hal yang menyentuh kepentingan rakyat menjadi perhatian penting para leaders, termasuk perlindungan pekerja migran dan korban perdagangan manusia. Saya mengajak negara-negara ASEAN untuk menindak tegas pelaku-pelaku utamanya,” ujar Presiden saat menggelar Konferensi Pers di Media Center KTT  ASEAN di Hotel Bintang Flores, Labuan Bajo, Kamis, 11 Mei 2023.

2. Terkait Konflik Myanmar dan kesatuan ASEAN

Selanjutnya, Presiden Jokowi menyampaikan kesimpulan kedua dari hasil KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, ini terkait konflik internal di Myanmar. Jokowi menyebut pencederaan terhadap nilai-nilai kemanusiaan tidak bisa ada toleransi.

“Yang kedua terkait Myanmar. Pencederaan terhadap nilai-nilai kemanusiaan tidak bisa ditoleransi dan five point consensus memandatkan ASEAN harus engage dengan semua stakeholders. Inklusivitas harus dipegang kuat oleh ASEAN karena kredibilitas ASEAN sedang dipertaruhkan,” katanya.

Lalu Jokowi mengatakan bahwa Indonesia siap berbicara dengan siapa pun termasuk dengan junta dan seluruh stakeholders di Myanmar. Untuk kepentingan kemanusiaan. Dan yang penting, Jokowi menegaskan bahwa engagement bukan recognition, yakni melakukan pendekatan bukan berarti memberikan pengakuan.

“Sehingga saya tadi menyampaikan di pertemuan bahwa kesatuan ASEAN sangat penting. Tanpa kesatuan akan mudah bagi pihak lain untuk memecah ASEAN. Dan saya tidak yakin tidak satu pun, Saya ulang, Saya yakin tidak satu pun negara ASEAN menginginkan hal tersebut,” tegas Jokowi.

“Tidak boleh ada pihak di dalam atau di luar ASEAN yang mengambil manfaat dari konflik internal di Myanmar, kekerasan harus dihentikan dan rakyat harus dilindungi,” lanjutnya.

3. Terkait penguatan kerja sama ekonomi negara ASEAN

Kemudian Jokowi menuturkan kesimpulan ketiga dari hasil KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo yakni terkait penguatan kerja sama ekonomi antar negara-negara ASEAN. Menurut Jokowi, hal ini sejalan dengan tujuan sentralitas ASEAN supaya ASEAN semakin kuat dan semakin mandiri.

“Yang ketiga terkait penguatan kerja sama ekonomi. ASEAN sepakat untuk membangun ekosistem mobil listrik dan menjadi bagian penting dari rantai pasok dunia sehingga hilirisasi industri menjadi kunci,” ujar Jokowi.

“Selain itu, implementasi transaksi mata uang lokal dan konektivitas pembayaran digital antar negara sepakat untuk diperkuat. Ini sejalan dengan tujuan sentralitas ASEAN supaya ASEAN semakin kuat dan semakin mandiri itu yang ingin saya sampaikan” pungkasnya.

Turut mendampingi Presiden pada konferensi pers, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *