Karolus Karni Lando Menginspirasi NTT Menuju DPR RI

NTT | Okebajo.com | Ir. Karolus Karni Lando, MBA, telah menyatakan dirinya siap bersaing menjadi anggota DPR RI pada tahun 2024 melalui Partai Perindo dari Daerah Pemilihan (Dapil) NTT 1, yang meliputi Alor, Lembata, Flores Timur, Sikka, Ende, Ngada, Manggarai, Manggarai Timur, Manggarai Barat, dan Nagekeo.

Karolus Karni Lando adalah putra daerah Nusa Tenggara Timur, tepatnya dari Ende Lio, yang dikenal sebagai pribadi yang periang dan suka bertegur sapa dengan sesama.

Peraih sertifikat IATF

Ia adalah orang Indonesia pertama yang meraih sertifikat IATF (International Automotive Task Force), standar yang menetapkan persyaratan untuk Sistem Manajemen Mutu (SMM) khusus untuk sektor otomotif.

Sertifikat ini awalnya dibuat pada tahun 1999 untuk menyelaraskan berbagai skema penilaian dan sertifikasi di seluruh dunia dalam rantai pasokan sektor otomotif di Amerika Serikat.

Saat ini, Karolus Karni Lando menjabat sebagai Direktur ASIA PACIFIC Perusahaan Italy Registro Italiano Navale – RINA.

Ia dikenal sebagai sosok cerdas dan ulet, terutama dalam hal pekerjaan. Hampir setiap hari, ia mendedikasikan dirinya untuk pekerjaannya yang bergerak di bidang sertifikasi industri.

Kedisiplinan merupakan kunci dan prinsip yang selalu dipegang dan dijalankan oleh Karolus.

Merantau ke ibu kota merupakan pilihan yang tepat bagi Ir. Teknik Mesin lulusan Institut Teknologi Nasional Malang ini.

Tidaklah mudah untuk menyesuaikan diri dengan sistem dan dunia kerja di ibu kota. Namun, berkat kerja keras, usaha, niat, dan komitmen yang kuat, Karolus Karni Lando berhasil menjadi salah satu putra NTT yang sukses di Jakarta, bahkan dikenal di beberapa negara tetangga.

Saat ditanya tentang rahasia keberhasilannya dalam bekerja, Karolus, seorang Auditor Bersertifikat dari International Register, mengungkapkan bahwa kedisiplinan adalah kunci utama yang sudah ia terapkan sejak kecil dalam keluarga, saat bersekolah, dan hingga saat ini dalam dunia kerja.

“Saat saya bersekolah di SMAK Syuradikara pada tahun 1980, saya terpilih menjadi Ketua Presidium selama 1,5 tahun. Bersama Pater Pascalis Lega, SVD, kami berusaha menegakkan kedisiplinan kepada murid. Disiplin waktu, belajar, berdoa, berolahraga, bekerja, istirahat, bangun tepat waktu, makan dengan disiplin, dan menyelesaikan tugas dengan disiplin. Semua disiplin itu ditanamkan oleh SMAK Syuradikara kepada murid-murid di sekolah dan asrama. Tidaklah mudah menjalankan semua disiplin itu,” kata suami dari Elizabeth Blantran de Rozari ini.

Menurut pria yang saat ini sedang menyelesaikan Disertasi S3 di Universitas BRAWIJAYA Malang, keberhasilannya sebagai Direktur ASIA PACIFIC Perusahaan Italy Registro Italiano Navale – RINA dan auditor di beberapa negara adalah hasil dari kedisiplinannya dalam mengelola waktu.

Selain itu, Karolus juga telah menerima beberapa penghargaan, antara lain sertifikat IATF, Manajemen Sistem ISO 9001:2008 dari DIRLANTAS POLRI, dan penghargaan dari Assarpras Irjend Anton Barualam.

Karolus Karni Lando juga tidak hanya sukses dan berhasil dalam pekerjaannya, tetapi juga dalam menjalani kehidupan keluarga.

Ia dikenal sebagai pribadi yang mencintai keluarganya dan merupakan sosok yang ramah serta suka berbagi.

Jiwa sosial yang kuat membuat Karolus sering terlibat dalam kegiatan sosial baik di lingkungan kerja maupun di masyarakat tempat tinggalnya.

Dengan gelar MBA dari Bisnis Leadership Institut Teknologi Bandung (ITB), Karolus memiliki tekad untuk membantu masyarakat, terutama masyarakat Nusa Tenggara Timur, tempat ia lahir dan dibesarkan.

Melalui keanggotaan di Partai Politik Perindo, Karolus ingin lebih luas membantu masyarakat Nusa Tenggara Timur dengan segala kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi saat ini.

Tujuan utamanya adalah mengetahui secara detail dan mencari solusi bersama serta membantu mengayomi masyarakat NTT.

Karolus Karni Lando, yang memiliki pengalaman dalam berbagai bidang, termasuk manajemen, otomotif, dan sertifikasi industri, ingin menggunakan pengetahuannya dan keahliannya untuk memberikan kontribusi yang nyata kepada masyarakat.

Profil

Nama: Ir. Karolus Karni Lando, MBA (Calon Doktor)

Pendidikan:

  • Ir. Teknik Mesin dari Institut Teknologi Nasional Malang
  • MBA dari Institut Teknologi Bandung (ITB)
  • Calon Doktor – Saat ini sedang menyelesaikan Disertasi S3 di Universitas BRAWIJAYA Malang

Pekerjaan:

  • Direktur ASIA PACIFIC Perusahaan Italy (Registro Italiano Navale – RINA)
  • Orang pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikat IATF dari Amerika Serikat
  • Auditor Bersertifikat dari International Register (IRCA)

Riwayat Pekerjaan:

  • Management Trainee di Inti Salim Corpora – Salim Group
  • Supervisor di Indo Mobil Group – Salim Group
  • Manager di General Motors Indonesia – Perusahaan Amerika Serikat
  • Manager di Texmaco Perkasa Engineering
  • Senior Lead Auditor di Lloyds Register Quality Assurance – Perusahaan Inggris
  • Direktur di RINA – Perusahaan Italia (2014 – sekarang)

Riwayat Organisasi:

  • Ketua Presidium SMAK Syuradikara ENDE
  • Ketua IKB Lio Utara ENDE di Jakarta
  • Ketua Dewan Pengawas IKB Lio Utara Jakarta

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *