Kopi Bening Pertama di Dunia, Unik dan Berkarakter

Avatar photo
Kopi Bening Pertama di Dunia, Unik dan Berkarakter
Ngopi di Puncak Waringin Labuan Bajo. Foto/ASEAN Skyline

Okebajo.com | Kopi identik dengan hitam. Tetapi inovasi dalam industri makanan dan minuman merupakan gabungan antara inovasi teknologi dengan kultur sosial budaya yang menghasilkan suatu produk baru. Salah satunya adalah  kopi bening. Unik dan memiliki karakter tersendiri.  Kopi bening merupakan pengembangan minuman fungsional yang tidak hanya nikmat namun juga bermanfaat bagi kesehatan.

Riset terbaru me.jelaskan kopi bening diproduksi dengan teknik distilasi uap. Yaitu memadukan konsep ilmu pengetahuan fisika dan kimia pangan dengan pengolahan (pemrosesan) atau disebut molekuler gastronomi.

Riset tersebut menggunakan kopi robusta yang cenderung lebih konsisten dari segi aroma dan rasa yang kuat dari proses pengolahan kopi (roasted).

Proses pembuatan kopi bening

Metode pembuatannya adalah proses penyeduhan kopi yang menghasilkan minuman tanpa deposit atau residu.

Langkah pertama adalah menggiling biji kopi dengan kehalusan sedang dan menempatkannya dalam wadah kopi yang transparan.

Kemudian, panaskan udara dengan suhu sekitar 90-95 derajat Celcius. Tuangkan secara perlahan ke atas biji kopi.

Air tersebut kemudian kita seduh selama beberapa menit sebelum lakukan penyaringan menggunakan saringan halus.

Hasilnya adalah secangkir kopi bening yang memiliki rasa yang ringan dan aromatik.

Metode ini mempertahankan kejernihan dan karakteristik unik dari biji kopi, sehingga menghasilkan pengalaman minum kopi yang menyegarkan.

Meskipun demikian, kopi ini tetap memiliki manfaat seperti yang terdapat di kopi pada umumnya. Aromanya tetap identik dengan kopi hitam pada umumnya.

Selain itu, manfaat kesehatan sebagai minuman fungsional juga masih dapat kita peroleh karena kandungan kafeinnya rendah dan asam klorogenat yang merupakan senyawa pembentuk aroma volatil pada kopi yang kita konsumsi secara langsung.

Di samping itu juga tidak menimbulkan plak kuning pada gigi setelah mengonsumsi kopi pada umumnya.

Sumber/Chopen Media

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *