Tak Sefamiliar Pulau Komodo, Ternyata Pulau Ontoloe Juga Terdapat Ratusan Hewan Komodo

Tak Sefamiliar Pulau Komodo, Ternyata Pulau Ontoloe Juga Terdapat Ratusan Hewan Komodo
Taman Laut 17 Pulau Riung, Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada, Propinsis Nusa Tenggara Timur. Foto/Net

Ngada | Okebajo.com | Biawak Komodo terkenal hanya ada di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Namun, tahukah Anda bahwa ternyata hewan purba yang sama juga ada di Riung, Kabupaten Ngada, NTT.

Salah satunya adalah di Pulau Ontoloe, Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur.

Nama Pulau Ontoloe mungkin tak sefamiliar Pulau Komodo maupun pulau-pulau lain yang masuk ke dalam wilayah Taman Nasional Komodo. Namun di tempat ini, komodo juga bisa ditemukan.

Riung, merupakan rumah bagi Taman Wisata Alam Laut 17 Pulau yang menakjubkan.

Gugusan pulau-pulau kecil dan besar yang tersebar di sekitar wilayah ini menawarkan pemandangan alam yang memesona, flora dan fauna yang mengagumkan, serta keindahan bawah laut yang menawan.

Tidak hanya itu, Riung juga menjadi tempat bagi hewan-hewan purba seperti komodo, koloni kelelawar, dan sejumlah flora yang menarik.

Salah satu jenis fauna yang terkenal di daerah ini adalah mbou, atau yang orang kenal dengan sebutan Varanus komodoensis, yang merupakan spesies komodo yang sama dengan yang ada di Manggarai Barat.

Di Pulau Ontoloe, sebagian di semenanjung Torong Padang, dan sebagian di dalam Cagar Alam Bolotadho serta kawasan Cagar Alam Riung, terdapat puluhan bahkan ratusan komodo yang hidup dalam keadaan liar.

Keberadaan komodo ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang ke Riung.

Rumah kelelawar

Selain komodo, Taman Wisata Alam 17 Pulau di Riung juga menjadi rumah bagi ribuan kelelawar yang bergelantungan di pohon-pohon di sepanjang pinggir pantai Pulau Ontoloe.

Keberadaan kelelawar ini memberikan nuansa mistis dan menambah pesona alam Riung. Di samping itu, Anda juga dapat menjumpai kera, musang, biawak timor, buaya, dan kuskus.

Ribuan jenis burung juga bersarang di sini, seperti elang, bangau putih, bangau hitam, perkici dada kuning, nuri, terkukur, dan burung gosong. Bagi pecinta burung, Riung adalah surga yang memikat untuk menjelajahi keanekaragaman burung-burung indah.

Taman Wisata Alam 17 Pulau di Riung sebenarnya berfungsi sebagai penyangga Taman Nasional Komodo di Manggarai Barat.

Hal ini menunjukkan pentingnya konservasi dan perlindungan terhadap hewan-hewan langka seperti komodo. Sehingga mereka dapat terus hidup dan berkembang biak di alam bebas.

Pulau Ontoloe, masuk ke dalam kawasan 17 Pulau Riung, Kabupaten Ngada, Flores, Nusa Tenggara Timur. Taman Wisata alam 17 Riung memiliki luas sekitar 9.900 hektare.

Pulau Ontoloe merupakan pulau terbesar di antara 17 pulau lain, dengan luas sekitar 660 hektare. Pengelola kawasan ini adalah Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Nusa Tenggara Timur.

Dengan keindahan alamnya yang menakjubkan dan keberadaan hewan-hewan purba yang langka, Riung di Kabupaten Ngada layak menjadi tujuan wisata yang menarik.

Kekayaan alam yang ada tidak hanya memberikan keindahan visual. Tetapi juga menjadi saksi bisu dari sejarah evolusi dan keragaman hayati yang ada di Indonesia.

Bagi para pecinta alam dan penggemar hewan-hewan purba, menjelajahi Riung adalah pengalaman yang tak terlupakan.

Maka, jika Anda berencana mengunjungi Nusa Tenggara Timur. Untuk melihat keajaiban hewan komodo, jangan lupa untuk memasukkan Riung di daftar tujuan wisata Anda.

Bersiaplah untuk terpesona oleh keindahan alam dan hewan-hewan purba yang memikat di Taman Wisata Alam Laut 17 Pulau Riung.

Sumber : Berbagai sumber

Penulis: Tim RedaksiEditor: Pedi Pathy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *