Kronologi Lionel Messi Berlabuh dari PSG ke Inter Miami

Kronologi Lionel Messi Berlabuh dari PSG ke Inter Miami
Lionel Messi menolak Barcelona dan Saudi demi bergabung dengan Inter Miami. (REUTERS/ERIC GAILLARD)

Bola | Okebajo.com | Superstar Argentina Lionel Messi berlabuh ke Inter Miami CF.  La Pulga menolak Barcelona dan klub Arab Saudi Al Hilal.

Kronologi Kapten timnas Argentina itu memilih Inter Miami ternyata bermula ketika Messi dihukum PSG.

Berikut kronologi Messi bergabung dengan Inter Miami.

Semua bermula ketika Messi dihukum PSG

Pada 3 Mei 2023 Messi mangkir latihan. Ia liburan ke Arab Saudi. Messi tidak tahu PSG mengubah jadwal latihan dan tidak bisa membatalkan tugas menjadi Duta Pariwisata Arab Saudi.

Di momen itu hubungan Messi dengan PSG semakin retak. Manajemen klub asal Paris itu membulatkan keputusan untuk tidak memperpanjang kontrak penyerang 35 tahun itu.

Rumor beredar yang kemudian muncul bahwa Messi memiliki dua pilihan setelah pergi dari PSG : Kembali ke Barcelona atau bergabung dengan klub Arab Saudi Al Hilal.

Pada Kamis 1 Juni, pelatih PSG Christophe Galtier memastikan tidak akan memperpanjang kontrak Messi bersama tim. Laga PSG vs Clermont Foot, Sabtu (3/6), menjadi pertandingan terakhir Messi.

Cemoohan suporter PSG terhadap Messi di laga itu membuktikan La Pulga telah mengambil keputusan yang tepat. Sudah tidak ada rasa respek untuk Messi dari fans PSG.

Pada Minggu 4 Juni, media Arab Saudi Okaz mengklaim Messi sudah mencapai kesepakatan dengan Al Hilal. Media itu mengklaim Messi sudah tanda tangan kontrak dan akan diperkenalkan secara resmi di Riyadh pada Selasa (6/6).

Pada Senin 5 Juni, Jorge Messi, ayah dan perwakilan sang pemain, memberi tahu Presiden Barcelona Joan Laporta tentang keputusan sang pemain untuk bergabung dengan Inter Miami. Meski Barca telah mengajukan proposal dengan pertimbangan keinginan melihat Lionel Messi sekali lagi memakai jersey Blaugrana.

Pada Selasa 6 Juni arah transfer kemudian berubah menyusul pemberitaan yang menyebut Barcelona menjadi kandidat klub baru Messi usai PSG. Rumor itu muncul setelah pertemuan yang terjadi antara ayah Messi, Jorge, dengan Presiden Barcelona,  Joan Laporta.

Pada Kamis 7 Juni akhirnya masa depan Messi terjawab. Messi mengambil keputusan bergabung dengan klub Amerika Serikat MLS, Inter Miami CF.

Terkait kepindahan ke Inter Miami, Messi mengaku belum 100 persen selesai. Tapi juara Piala Dunia 2022 itu sudah mengambil keputusan untuk main di MLS.

“Saya sudah mengambil keputusan, saya akan ke Miami. Saya belum menyelesaikan kepindahan 100 persen. Masih ada beberapa hal yang harus diselesaikan, tapi kami sudah mengambil keputusan langkah selanjutnya,” ujar Messi.

Messi dalam wawancara dengan Sport juga memastikan ada tawaran uang yang banyak dari klub Arab Saudi yang ditolaknya.

“Jika ini semua soal uang, saya bisa saja pergi ke Arab Saudi atau tempat lain. Itu terlihat seperti uang yang sangat banyak bagi saya, dan sejujurnya keputusan saya adalah untuk hal lain, bukan karena uang,” ujar Messi.

Profil Inter Miami CF

Inter Miami secara resmi lahir pada 29 Januari 2018 dengan nama lengkap Club Internacional de Futbol Miami.

Klub ke-25 Liga Amerika Serikat (MLS) itu kemudian ditargetkan menjalani musim pertamanya pada 2020.

Inter Miami CF menjadi klub pertama yang bermarkas di Miami.

David Beckham merupakan salah satu pemilik klub Inter Miami. Mantan kapten timnas Inggris itu bekerja sama dengan dua pengusaha Amerika berdarah Kuba, Jorge Mas dan Jose Mas, untuk membangun franchise sepak bola MLS di Miami.

Di luar Amerika Serikat, Jorge Mas juga menjabat sebagai Presiden Real Zaragoza, klub Liga Spanyol yang dibelinya pada April 2022.

Dalam jabatan di klub Inter Miami, Jorge Mas berstatus CEO dan Managing Owner. Sementara  David Beckham serta Jose Mas menjabat sebagai Co-Owner.

Inter Miami bermain di Stadion DVR PNK, stadion berkapasitas 18 ribu tempat duduk.

Di musim pertamanya di MLS, Inter Miami mendatangkan sejumlah pemain bintang, termasuk duo Juventus Blaise Matuidi dan Gonzalo Higuain. Pelatih asal Uruguay, Diego Alonso, ditunjuk sebagai arsitek tim.

Debut Inter Miami terjadi saat melawan Los Angeles FC pada 1 Maret 2020. Inter Miami kalah 0-1 pada laga itu.

Musim pertama Inter Miami berakhir dengan kurang impresif. Tim berjuluk The Herons itu langsung kalah di play-in saat ditekuk Nashville SC 0-3.

Pada 2021, Inter Miami mendatangkan Phil Neville sebagai pelatih. Sejumlah pemain didatangkan pada musim itu, termasuk Ryan Shawcross dan Kieran Gibbs. Di musim ini Inter Miami gagal masuk playoff.

Musim lalu Inter Miami juga gagal bersinar. Miami langsung kalah 0-3 dari New York City FC pada playoff putaran pertama. Musim ini perjalanan Inter Miami juga tidak lebih baik.

Jelang kedatangan Lionel Messi, Inter Miami menduduki dasar klasemen Wilayah Timur MLS dengan menelan 11 kekalahan dari 16 pertandingan.

Manajemen klub kemudian memecat Phil Neville pada 1 Juni lalu. Inter Miami kemudian menunjuk pelatih asal Argentina, Javier Morales, sebagai arsitek interim.

Sumber : CNN Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *