Di Mbeliling, Pendaftaran Pelamar Perangkat Desa Diperpanjang Gegara Ini

Di Mbeliling, Pendaftaran Pelamar Perangkat Desa Diperpanjang Gegara Ini

Labuan Bajo | Okebajo.com | Kecamatan Mbeliling hingga medio Juni 2023 belum melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan perangkat Desa.

Penelusuran Okebajo.com menemukan fakta bahwa proses seleksi perangkat desa di Kecamatan Mbeliling belum sampai pada tahapan ujian tertulis.

Ini kendalanya?

Sekcam Mbeliling, Heronimus Veri Much menjelaskan, bahwa proses seleksi berkas sudah dilaksanakan di tingkat desa sesuai jadwal.

Panitia tingkat desa melalui Kepala Desa juga sudah membawa berkas pelamar ke Kecamatan untuk diverifikasi.

Pada tahapan verifikasi berkas di tingkat Kecamatan ternyata masih ada formasi yang belum mencapai batas pelamar minimum sesuai dengan Perbup Nomor 17 tahun 2023  tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Staf Desa.

Karena itu, pemerintah Kecamatan memerintahkan panitia Desa melalui Kepala Desa agar memperpanjang masa pendaftaran di tingkat Desa.

Setelah formasi sudah lengkap, tahapan  selanjutnya  melaksanakan ujian tertulis yang dilaksanakan di Kecamatan.

“Pihak Kecamatan melakukan verifikasi berkas, ternyata masih ada formasi yang belum mencapai pelamar batas minimum, sehingga pihak kecamatan memerintahkan panitia desa lewat kepala desa untuk memperpanjang lagi masa pendaftaran pelamar di tingkat desa. Kalau formasi sudah lengkap maka baru dilaksanakan seleksi melalu ujian tertulis yang dilaksanakan di Kecamatan,” jelas Very saat dikonfirmasi, Senin malam, 13 Juni 2023.

Terpisah, Camat Mbeliling, Yohanes Hibur, S.Pd membenarkan hal tersebut.

“Belum ada pelantikan. Masih pada tahap penyaringan di tingkat Desa,” tandasnya, Senin malam.

Camat Jhon Hibur menyebut dua Desa yang hanya membuka satu formasi perangkat desa yang vakum, yaitu Desa Cunca Wulang dan Desa Liang Ndara. Formasi yang lainnya sudah dileseksi sebelumnya.

“Termasuk Golo Desat dan Desa Liang Ndara, itu hanya satu formasi saja yang akan diseleksi karena hanya mengisi kevakuman/kekosongan jabatan  perangkat. Perangkat yang lain sudah diseleksi,” jelas Camat Jhon Hibur. *

Jangan Lupa Baca Berita Menarik dari Oke Bajo di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *