Seorang Nelayan Desa Satar Kampas Ditemukan Meninggal Dunia

Avatar photo

Borong | Okebajo.com | Yasin Tahir (58) seorang nelayan dari Kampung Waso, Desa Satar Kampas, Kecamatan Lamba Leda Utara, Kabupaten Manggarai Timur ditemukan tewas di perairan laut Flores pada Jumat, 28 Juli 2023 sekitar pukul 06.30 Wita.

Kronologi kejadian

Kapoksek Lamba Leda melalui Kanit SPKT III, AIPDA Muhamad Nur dalam keterangan pers kepada Okebajo.com Jumat, (28/7/2023) menjelaskan bahwa kejadian ini bermula pada hari Kamis, 27 Juli 2023, sekitar pukul 17.00 WITA.

Ketika  itu, Yasin Tahir berpamitan dari rumahnya  pergi memancing ikan di perairan laut Flores dekat kampung Waso.

Pada hari Jumat, 28 Juli 2023, sekitar pukul 06.00 Wita, Kedua  saksi Jainudin (39) dan Ishaka (41), rekannya sesama nelayan melihat perahu Yasin terapung di tengah laut, namun tidak ada orang di dalamnya.

“Di tengah lautan, mereka melihat sebuah perahu yang mengapung tanpa seorang pun di dalamnya. Perahu itu ternyata milik Yasin Tahir, sehingga mereka segera mendekatinya. Namun, betapa terkejutnya mereka ketika melihat bahwa Yasin tidak ada di dalam perahu itu,” jelasnya

Lebih lanjut AIPDA Muhamad Nur mengungkapkan dua orang saksi ini terus mencari Yasin.

Jainudin akhirnya salah seorang saksi bernama Jainudin menemukan mayat Yasin terlentang di dasar laut. Diperkirakan berada di kedalaman sekitar 10 meter.

“Dalam kondisi berduka, Ishaka kembali ke darat untuk memberitahukan keluarga korban, sedangkan Jainudin tetap berada di lokasi kejadian untuk menjaga mayat Yasin,” bebernya

Ia menjelaskan bahwa pihaknya mendapat informasi tentang penemuan mayat ini melalui panggilan telepon warga kampung Waso yang merupakan saudara korban, Sanusi Tahir.

Setelah menerima informasi tersebut AIPDA Muhamad Nur segera merespon dan bersama dengan Bahbinsa Serda Bahraudin bersama dengan warga setempat, menggunakan perahu milik Ishaka untuk menuju lokasi dan membantu proses evakuasi mayat Yasin.

IPDA Muhammad menjelaskan bahwa Korban langsung dibawa ke darat dan diserahkan kepada keluarga di Kampung Waso, Desa Satar Kampas.

Korban memiliki riwayat penyakit epilepsi

Sementara itu, Kepala Puskesmas Dampek, Adolfus Wangi, A.Md.Kep, menjelaskan bahwa setelah melakukan pemeriksaan luar pada mayat Yasin tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan pada fisik tubuh korban.

“Dari hasil pemeriksaan terhadap korban tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan pada fisik tubuh korban, dan pada kaki korban terlilit tali senar. Namun korban memiliki riwayat penyakit epilepsi.,” ungkapnya

Mengenai kematian Yasin Tahir, keluarga korban sepenuhnya menerima kejadian ini sebagai musibah dan kehendak Tuhan. Mereka menolak dilakukannya otopsi terhadap mayat Yasin dan membuat surat pernyataan penolakan otopsi yang ditandatangani oleh istri korban, Sakina, serta disaksikan oleh anak dan keluarga. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *