Polres Mabar Siap Mengamankan Pemilu 2024

Latihan Pra Operasi Mantap Brata Turangga 2023-2024, Polri Yang Presisi Siap Mengamankan Penyelanggaraan Pemilu Tahun 2024 Menuju Indonesia Maju. Foto/Humas Polres Mabar

Labuan Bajo, Okebajo.com,- Berbagai langkah dan upaya strategis telah dilakukan  jajaran Kepolisian Resor Manggarai Barat untuk mewujudkan situasi kamtibmas tetap aman dan kondusif menjelang pelaksanaan Pemilu 2024.

Salah satu bentuk persiapan yang dilakukan adalah menggelar Latihan Pra Operasi (Latpraops) bertajuk “Latihan Pra Operasi Mantap Brata Turangga 2023-2024, Polri Yang Presisi Siap Mengamankan Penyelanggaraan Pemilu Tahun 2024 Menuju Indonesia Maju”.

Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko, SH, S.I.K., MM, didampingi Wakapolres Mabar, Kompol Budi Guna Putra, S.I.K. membuka kegiatan ini di Aula Kemala Bhayangkari Mapolres Manggarai Barat, Selasa, 10 Oktober 2023.

Hadir para pejabat utama (PJU), Kapolsek jajaran, dan personel yang terlibat dalam Operasi Mantap Brata.

“Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan keterampilan dan memberikan gambaran kepada personel yang terlibat dalam operasi agar mengetahui cara bertindak dan mempunyai kesamaan pola pikir dalam pelaksanaan Ops Mantap Brata nantinya,” kata Kapolres Ari Satmoko usai membuka kegiatan Latpraops.

Sasaran pelatihan agar terwujudnya kesamaan visi, misi, pola pikir dan pola tindak bagi personel Polres Manggarai Barat dan jajaran Polsek yang terlibat dalam Operasi Kepolisian Terpusat Mantap Brata Turangga 2023-2024.

Kapolres Ari Satmoko  juga menuturkan, ratusan personel kepolisian akan menyebar ke berbagai wilayah Kabupaten Manggarai Barat dalam rangka pengamanan Operasi Mantap Brata Turangga.

Para personel akan bertanggung jawab dalam menjaga keamanan selama proses kampanye, pemungutan suara, penghitungan suara dan tahapan-tahapan lainnya yang terkait dengan Pemilu  2024.

“Dalam pelaksanaannya, Operasi Mantap Brata Turangga 2023-2024 akan bekerja sama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memastikan kelancaran dan keamanan Pemilu Tahun 2024,” jelas Mantan Kapolres Alor itu.

Lebih lanjut, Polres Manggarai Barat bakal menggandeng berbagai pemangku kepentingan. Mulai dari penyelenggara pemilu hingga tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan seluruh elemen masyarakat.

“Polres Manggarai Barat juga akan melakukan cooling system dengan melibatkan seluruh tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh adat untuk mendukung pemilu yang lancar dan damai. Hal ini demi menciptakan situasi kamtibmas tetap kondusif selam pelaksanaan operasi,” ungkap Alumni Akpol 2004 itu.

Ia berharap, kepada seluruh personil untuk menjaga netralitas pemilu dengan tidak memihak kepada salah satu paslon, nomor urut atau warna apapun.

“Selama Operasi Mantap Brata, seluruh personel  mengedepankan tindakan preventif, menjalin komunikasi yang baik dengan seluruh pihak. Tidak ikut kampanye serta tidak terlibat politik praktis,” tegasnya.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *