SMA Negeri 1 Talibura Maumere Adakan LDKS untuk Calon OSIS

Siswa dan Siswi SMA Negeri I Talibura, Kecamatan Talibura, Kabupaten Sikka, NTT mengikuti kegiatan LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa). Foto/Arnold

Maumere, Okebajo.com, – Sebanyak 40 Siswa dan Siswi SMA Negeri I Talibura, Kecamatan Talibura, Kabupaten Sikka mengikuti kegiatan LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa) yang diselenggarakan oleh Lembaga pendidikan SMA Negeri I Talibura di Aula Paroki Kristus Raja Talibura mulai 10 Oktober hingga Jumat, 13 Oktober 2023 .

Program LDKS merupakan program rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Kesiswaan untuk membina dan mengembangkan dasar-dasar kepemimpinan Siswa sebelum dipercayakan menjadi pengurus OSIS.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kordinator Pengawas SMA Kabupaten Sikka, Drs. Mikhael D. Maran, M.Pd. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa menjadi pemimpin tergantung dari kemauan untuk memacu diri dan belajar untuk memimpin.

“pengalaman saya pernah menjadi Ketua OSIS selama 3 periode dan belum pernah saya dengar bahwa ada orang yang menjadi ketua OSIS selama 3 periode baru saya sendiri. Di sini saya mau menegaskan bahwa menjadi pemimpin itu bisa diraih oleh siapa saja yang penting ada kemauan yang lahir dari dalam diri.” Tutur mantan Guru Mapel Bahasa Inggris SMA Sint. Gabriel Maumere

Lebih lanjut Ia menegaskan bahwa menjadi pemimpin mesti menjadi garda terdepan untuk menjadi teladan bagi orang lain.

“Menjadi pemimpin itu hak semua orang bahkan orang dari kampung pun seperti saya sendiri, maka hal yang harus kita lakukan ialah menjadi teladan bagi orang yang kita pimpin. Harapan saya semoga semua pesan yang saya sampaikan tidak jatuh ke lahan kering melainkan di lahan basah dan bertumbuh subur. Saya berharap ketika besok lusa saya sudah tua dan menjadi kakek-kakek, ada yang datang bilang di saya, opa saya sekarang sudah menjadi istri Bupati, menjadi DPR, menjadi guru, dll” lanjut mantan ketua MGMP Bahasa Inggris Kabupaten Sikka

Sementara itu, Benyamin Sina, S.Fil dalam sambutannya mewakili kepala sekolah menegaskan beberapa hal meliputi tujuan utama dari LDKS untuk membantu kita menjadi pribadi yang lebih tangguh, disiplin, dan mampu menghadapi berbagai tantangan di kehidupan sehari-hari khususnya dalam aspek kepemimpinan.

“LDKS membantu adik-adik untuk menjadi pribadi yang tangguh, disiplin, dan mampu menghadapi berbagai tantangan. Dalam prosesnya, kita akan mengasah kemampuan kepemimpinan kita, yang nantinya akan sangat berguna dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dari lingkungan sekolah hingga masyarakat yang lebih luas.” Tutur Wakil Kurikulum SMA Negeri I Talibura Periode 2023/2024.

Lebih lanjut Lulusan Filsafat STFK Ledalero tersebut mengutip pesan yang ditulis oleh John C. Maxwell bahwa menjadi pemimpin tidak mesti memperolehi gelar atau posisi melainkan pengaruh apa yang akan diberikan.

“Kepemimpinan tidak terbatas oleh posisi atau gelar, tetapi oleh pengaruh yang kita berikan dan bagaimana kita membantu orang lain tumbuh menjadi versi terbaik dari diri mereka sendiri. Selama kalian mengikuti LDKS ini, kamu akan belajar banyak hal bahwa setiap tindakan, kata-kata, dan keputusan yang anda ambil memiliki dampak. Jadilah pemimpin yang bijaksana, berempati, dan berdaya dorong. Dunia membutuhkan pemimpin-pemimpin masa depan yang tidak hanya memiliki keahlian, tetapi juga hati yang besar, selamat berpetualang dalam LDKS ini dan jadilah cahaya yang menerangi jalan bagi generasi mendatang.” Tutupnya.

Seperti yang dipantau oleh media ini, peserta LDKS sangat antusias dalam mengikuti setiap kegiatan yang diberikan oleh panitia penyelenggara.

Kornelis Tribayu Valens Parera Salah satu peserta, memberikan kesaksian bahwa Kegiatan LDKS ini dapat membantu mereka untuk menjadi calon-calon pemimpin yang hebat.

“Saya sangat senang dan merasa bersyukur karena melalui kegiatan LDKS dapat membantu kami untuk menjadi calon pemimpin yang hebat dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugas sebagai anggota OSIS” ungkap siswa kelas XI Ilmu Bahasa 2.

Kegiatan lDKS akan berjalan selama 4 hari ke depan yang disuguhkan oleh panitia dengan beragam materi dan games yang memacu semangat peserta untuk menjadi pemimpin yang berkarakter aktif, kreatif, dan inovatif.**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *