Upaya Pelestarian Budaya Manggarai, Institute Manggarai Bersama IFG Gelar Seminar di Labuan Bajo

Indonesia Financial Group (IFG) dan Institut Manggarai menggelar Seminar Budaya Manggarai yang berlangsung di Aula Kantor Bupati Manggarai Barat pada Senin, (06/11/2023). Foto/AW

Labuan Bajo, Okebajo.com,- Sebagai upaya untuk melestarikan kekayaan budaya Manggarai dan meneruskannya kepada generasi muda, Indonesia Financial Group (IFG) dan Institut Manggarai telah menggelar Seminar Budaya Manggarai yang berlangsung di Aula Kantor Bupati Manggarai Barat pada Senin, (06/11/2023).

Rizal Ariansyah, Direktur SDM Indonesia Financial Group mengungkapkan bahwa kegiatan seminar budaya Manggarai ini merupakan salah satu kegiatan yang diinisiasi oleh Institut Manggarai yang ada di Jakarta yang bekerjasama dengan Indonesia Financial Group (IFG).

“Tujuan dari kegiatan ini ialah untuk memberikan pemahaman kepada generasi muda pada khususnya di Manggarai mengenai adanya budaya-budaya Manggarai,” jelas Rizal

Mencermati betapa pentingnya pelestarian budaya sesuai yang diharapkan oleh Institut Manggarai, IFG sebagai perusahaan yang berada di bawah payung Badan Usaha Milik Negara beserta anak perusahaan lainnya memberikan dukungan melalui Ensiklopedia dan Seminar Budaya Manggarai.

“Indonesia Financial Group (IFG) mendukung Institut Manggarai dalam menerbitkan sepuluh buku ensiklopedia budaya Manggarai yang hari ini telah diserahkan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat, Manggarai dan Manggarai Timur,” ujar Rizal

Ia berharap, usai giat seminar dan penerbitan Ensiklopedia Budaya Manggarai, Pemerintah Daerah Manggarai Barat, Manggarai dan Manggarai Timur dapat memasukkan hal terkait ke dalam kurikulum sekolah.

“Kami berharap pemerintah daerah dapat memasukkan ini ke dalam kurikulum sekolah sejak dini sehingga generasi muda mengetahui tentang budaya dan nilai budaya Manggarai sejak dini,” Pintanya

Sementara itu, Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi dalam sambutannya pada kegiatan Seminar Festival Budaya Manggarai menyampaikan bahwa untuk seluruh orang Manggarai lintas generasi, siapapun dan dimanapun harus mengenal budaya Manggarai.

“Jangan biarkan budaya luntur karena perkembangan zaman. Seminar budaya hari ini mengingatkan seluruh orang Manggarai untuk kembali ke akar budaya leluhur. Harapanya bahwa Festival Budaya ini akan terus dilakukan untuk lebih mengenal secara mendalam tentang budaya Manggarai, ungkap Edi Endi

Seminar budaya Manggarai ini menghadirkan berbagai tokoh terkemuka, narasumber, dan akademisi Manggarai, yang semuanya berperan penting dalam mempromosikan dan memahami warisan budaya dan kearifan lokal Manggarai.

Kegiatan seminar yang membahas budaya Manggarai oleh sejumlah panelis terkemuka, yakni Romo Dr. Ino Sutam selaku ketua komisi budaya dan pariwisata keuskupan Ruteng, Pater Dr. Alex Jebadu, Prof. Robert M.Z Lawang, dan Drs. Save Dagun.

Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, seperti Deputi Bidang Hukum dan Peraturan Perundang-Undangan Kementerian Badan Usaha Milik Negara Robertus Billitea, Asisten Deputi Bidang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Kementerian Badan Usaha Milik Negara Edi Eko Cahyono, Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi beserta jajaran, Bupati Manggarai Timur Agas Andreas beserta jajaran, dan Bupati Manggarai Herybertus G.L. Nabit beserta jajaran. Turut hadir juga Staf Khusus Pemerintah Manggarai Barat, Ibu Elisabeth Maria Mersin.

Hadir pula tokoh Diaspora Manggarai yang juga pernah menjabat sebagai Dirut Kompas dan sekarang sebagai Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) 2022-2027, Rikard Bagun, Penulis serta Dosen Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero, Pater Dr. Alex Jebadu, Guru Besar Sosiologi Modern di FISIP Universitas Indonesia, Prof. Robert M.Z. Lawang, dan Duta Besar Indonesia untuk Peru Periode 2010-2013, Yosef Berty Fernandez.

Penulis Ensiklopedia Manggarai, Bapak Drs. Save Dagun, dan Dosen UNIKA ST. Paulus Ruteng, Ibu Dr. Fransiska Widyawati, juga turut berbagi pengetahuan dan wawasan mereka.

Acara berlanjut dengan sesi sharing yang menghadirkan tokoh Diaspora Manggarai terkemuka, seperti Dr. Inosensius Samsul (Kepala Badan Keahlian DPR RI), dan Don Bosco Selamun (Presiden Direktur Metro TV), Mereka berbagi pengalaman dan pandangan mereka tentang pentingnya mempromosikan dan menjaga kekayaan budaya Manggarai.**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *