Dinas PPO Manggarai Gelar OSN dan Cerdas Cermat Jenjang SD

Ruteng, Okebajo.com, – Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur selenggarakan perlombaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) dan Cerdas Cermat jenjang Sekolah Dasar (SD) tingkat Kabupaten Manggarai.

Seremonial pembuka yang berlangsung di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Manggarai dan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Frans Gero,S.Pd, didampingi oleh beberapa Stafnya. Kamis, (16/11/2023).

Perlombaan ini sebagai wadah dari siswa/siswi Sekolah Dasar (SD) mengembangkan bakat dan kemampuan dalam bidang ilmu pengetahuan.

Peserta lomba merupakan utusan dari 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Manggarai yang telah diseleksi dari tingkat Sekolah, Gugus, dan tingkat Kecamatan.

Kepala Dinas PPO, Frans Gero, mengatakan bahwa upaya untuk memacu dan memicu semangat belajar anak sekolah harus terus dilakukan agar output pendidikan setiap tingkat pendidikan semakin baik dari waktu ke waktu.

“Karena itu, kita programkan lomba-lomba ini. Dengan itu anak-anak dan guru harus mempersiapkan diri secara intensif untuk mengikuti lomba.” Imbuhnya.

Terpisah, Kepala Bidang (KABID) Sekolah Dasar (SD) Theresia Trisna Dewi Stepi,SH.,M.Hum mengatakan kalau kegiatan hari ini sangat bagus karena dapat meningkatkan kemampuan siswa/siswi di bidang Literasi dan Numerasi sehingga terwujudnya pendidikan di Kabupaten Manggarai.

Ia juga menjelaskan kalau yang menyusun soal dan menjadi juri dalam lomba tersebut adalah Dosen-Dosen Program Studi pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dari UNIKA St. Paulus Ruteng, sedangkan standar soalnya itu berdasarkan juknis Olimpiade Sains Nasional (OSN) standar nasional.

“Yang ikut dalam lomba OSN hari ini dari 12 Kecamatan dan yang ikut itu peserta yang menang dari Juara 1 sampai juara 3 setiap kecamatan yang menang lomba di tingkat Kecamatan, kata Kabid tersebut.

“Harapannya adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan kita dan siswa kita itu semakin semangat untuk belajar terutama para gurunya semakin meningkat mutunya dalam menididik murid-muridnya, mode pembelajarannya, kemudian siswanya juga berlomba-lomba untuk belajar memperoleh kemenangan sehingga akan memengaruhi Numerasi dan Literasi kita kedepan”, lanjutnya

Kabid Dewi juga mengatakan, perlombaan akan diadakan selama dua hari dengan tempat penyelenggaraan untuk OSN berlokasi di SDK Ruteng 1 sedangkan Lomba cerdas cermat di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Manggarai.

“Yang tampil ini, yang terbaik dari 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Manggarai. Hal itu berarti murid yang tampil ini yang juara dari tingkat Kecamatan”. Imbuhnya.

Inno Mamat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *