Komunitas Ojol dan Polres Mabar Bersihkan Sampah di Labuan Bajo

Foto/Humas Polres Mabar

Labuan Bajo | Okebajo.com | Puluhan anggota Komunitas Ojek Online (Ojol) Grab Labuan Bajo  berkolabotasi dengan Kepolisian Resor (Polres) Manggarai Barat membersihkan sampah di sepanjang Pantai Pede, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Jumat  5 Januari 2024.

Mereka menyisir kawasan pantai Pede sembari memungut sampah-sampah yang berserakan dan dimasukkan ke dalam kantong sampah yang disiapkan.

Sebanyak 300 kilogram sampah berhasil terkumpul dalam kegiatan tersebut, seperti plastik, tissue, botol-botol bekas minuman, pembungkus dan puntung rokok, sisa-sisa makanan ringan yang berserakan di sepanjang garis  pantai ‘seribu sunset’ itu.

Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. melalui Kasi Humas, IPTU Eka Darma Yuda menjelaskan, aksi kebersihan itu merupakan upaya  sosialisasi untuk menggugah kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan dan sejuta pesona kawasan pantai Pede, salah satu ikon pariwisata super premium Labuan Bajo.

“Aksi sosial ini juga sebagai bentuk ajakan kepada warga yang berkunjung di Pantai Pede untuk selalu menjaga keindahan  kawasan pantai dengan cara tidak membuang sampah sembarangan.  Jadi harapan kami, tolong sampahnya dibuang pada tempat-tempat yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, bisa juga mungkin kalau tidak bisa dijangkau tempat sampahnya, mungkin bisa dibawa pulang,” pinta IPTU Eka Darma.

Ia juga mengimbau masyarakat yang ada di pesisir pantai agar tidak membuang  sampah di laut, terutama sampah plastik.

IPTU Eka Darma menjelaskan sampah plastik tidak akan mengubah bentuknya sehingga menimbulkan residu yang dapat merusak lingkungan dan ekosistemnya. Sampah plastik membutuhkan waktu lama 500 hingga 1000 tahun untuk bisa diurai. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *