450 Personil Polisi Amankan 900 TPS di Kabupaten Manggarai Barat

Avatar photo
450 Personil Polisi Amankan 900 TPS di Kabupaten Manggarai Barat
Personil Aparat Keamanan Polres Manggarai Barat dikerahkan untuk pengamanan 900 Tempat Pemungutan Suara (TPS)  Pemilu serentak 2024. Foto/Humas Polres

Labuan Bajo | Okebajo.com | Sebanyak 450 personil Aparat Keamanan dikerahkan untuk pengamanan 900 Tempat Pemungutan Suara (TPS)  Pemilu serentak yang dilaksanakan Rabu, 14 Februari 2024. Rinciannya,  350 personil dari Polres Manggarai Barat dan 100 personil dari Bawah Kendali Operasi (BKO) Polda NTT.

Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. mengatakan ratusan personil pengamanan menyebar ke  900  TPS dan melaksanakan patroli di daerah yang dianggap rawan terjadinya gangguan kamtibmas.

“Menghadapi Pemilu tanggal 14 Februari, kami sudah melakukan persiapan di masing-masing TPS, ada 900 TPS. Personel yang dilibatkan sebanyak 450 orang. Situasi Kamtibmas di Manggarai Barat secara umum masih kondusif, relatif aman dan sejuk. Tidak ada riak-riak. Kalau tindak pidana, satu dua laporan ada, dan kami tangani,” kata Kapolres Mabar, Selasa pagi.

Ia merincikan, ada TPS  yang diamankan oleh satu orang personel dan ada TPD yang diamankan oleh dua hingga tiga orang personel dibantu Satuan Linmas sesuai klasifikasi TPS

“Sangat rawan ada dua TPS di Mabar. Sedangkan rawan ada 90 TPS, sisanya kurang rawan,” ungkap ajun komisaris besar polisi itu.

Terhadap praktik-praktik ilegal  berkaitan dengan Pemilu, pihaknya melakukan sosialisasi sambil berkoordinasi dengan KPU serta Bawaslu karena kepolisian  termasuk dalam Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu).

“Kami minta masyarakat untuk tetap menjaga kamtibmas serta tidak terprovokasi isu apapun menjelang pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2024. Mudah-mudahan semuanya berjalan dengan aman, lancar dan sukses,” pungkasnya.

Terpisah, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Manggarai Barat, Frans Partono menyampaikan bahwa situasi Kamtibmas di Mabar kondusif.

“Sesuai dengan hasil pantauan dan berdasarkan koordinasi, situasi sampai dengan saat ini relatif kondusif,” kata Frans.

Pihaknya terus memantau dan berkoordinasi untuk memastikan situasi Kamtibmas tetap berlangsung kondusif.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *