Para Pelajar Labuan Bajo Pungut Sampah Jelang ASEAN Summit

Avatar photo
Para Pelajar Labuan Bajo Pungut Sampah Jelang ASEAN Summit
Para Pelajar Labuan Bajo Pungut Sampah Jelang ASEAN Summit. Foto/Ist

Labuan Bajo | Okebajo.com | Menjelang KTT ke-42 ASEAN, ratusan pelajar dan guru SMA,MA, SMK kota Labuan Bajo menggelar aksi pungut sampah.

Aksi kebersihan ini selama dua hari, 5-6 Mei 2023. Para pelajar dan guru-guru membersihkan rumput liar yang yang tumbuh di pinggir jalan kawasan pantai Pede, Gorontalo.

Pantai Pede merupakan area publik yang luasnya sekitar 2 hektar lebih. Tampak di lokasi pantai Pede, para siswi dan Ibu guru membawa sapu lidi.  Sedangkan para siswa menenteng parang dan alat potong rumput.

Kabid Dikmen NTT turut hadir

Ikut aksi kebersihan ini, Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Menengah (Kabid Dikmen) Provinsi  Nusa Tenggara Timur, Ayub S. P. Sanam bersama Koordinator Pengawasan (Korwas) SMA/MA/SMK Kabupaten Manggarai Barat, Paulus Hansko dan sejumlah kepala SMA/MA/SMK di kota Labuan Bajo.

“Kita jadi tuan rumah penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN.  Ini merupakan event internasional yang datang bukan hanya satu presiden saja tetapi 11 kepala negara. Tentu mereka datang melihat langsung ke sini dan akan menjadi kesan tersendiri pada saat mereka pulang,” ujar Ayub saat aksi tersebut.

Para Pelajar Labuan Bajo Pungut Sampah Jelang ASEAN Summit.

Menurut mantan kepala sekolah SMKN 2 Soe itu, Pantai Pede merupakan aset propinsi NTT yang perlu dijaga oleh GTK dan  para siswa sekolah menengah di kota Labuan Bajo.

“Pantai pede merupakan aset propinsi  NTT dan juga aset kita semua. Saya minta pak Korwas, kepala sekolah agar rutin membersihkan  area publik pantai Pede ini. Kita mengajarkan budaya yang baik kepada anak-anak kita.” lanjutnya.

Kepala SMKN 1 Labuan Bajo, Viktoria T. Wulang menjelaskan aksi kebersihan lingkungan pantai Pede atas hasil rapat dan arahan dari Kabidmen PK Provinsi NTT dengan beberapa Kepala SMA MA/SMK di kota Labuan Bajo.

“Kami bagi tugas,  perempuan pungut sampah sedangkan laki-laki tebas rumput dan angkat kayu,” ujarnya.

Terpantau, para pelajar dan guru-guru yang ikut aksi kebersihan lingkungan pantai Pede  berasal dari SMKN 1 Labuan Bajo, SMA Negeri 1 Komodo, SMK Stella Maris Labuan Bajo, SMKN 2 Komodo, SMAN 2 Komodo, SMK Bina mandiri, SMAN 3 Komodo dan SMAK St. Ignatius Loyola Labuan Bajo. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *