PMKRI, THS-THM Kawal Prosesi Perarakan Jenazah Uskup Agung Ende

Avatar photo
Penampakan ribuan Umat mengikuti prosesi Uskup Keuskupan Agung Ende, Mgr. Vicentius Sensi Potokota menuju Gereja Katedral Ende, Selasa (21/11/2023). Foto/Dok.PMKRI Cabang Ende.

Ende | Okebajo.com | Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) St. Yohanes Don Bosco Cabang Ende, THS-THM, Biarawan/Biarawati dan Aparat Kepolisian/TNI ikut mengawal peti jenazah Uskup Agung Ende Mgr. Vincentius Sensi Potokota.

Pengawalan dilakukan saat prosesi perarakan peti jenazah Uskup Agung Ende dari Bandara Aroeboesman dan sepanjang rute perarakan menuju Gereja Katedral Ende.

Jenazah Uskup Agung Ende tiba di Bandara  Aroeboesman Ende pada
Selasa, 21 November 2023 pukul 11.00 Wita.

Peti jenazah kemudian diusung oleh para imam menuju ke ruang VIP bandara.  Usai ibadah penerimaan jenazah dilanjutkan dengan penerimaan secara  adat Lio di ruang VIP Bandara itu.

Sekira pukul 11.15 Wita,  mobil  jenazah Uskup Agung Ende bergerak pelan dari  Bandara Ende menuju Gereja Katedral Ende untuk disemayamkan.

Derai air mata ribuan umat Katolik dan juga umat lintas Agama di kota Ende mewarnai prosesi perarakan jenazah Sang Gembala.

Tampak pula para siswa SD, SMP, SMA/SMK dan Mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di kota Ende dan umat lintas agama mengikuti prosesi perarakan jenazah Uskup Sensi.

Mereka berjalan kaki  seraya mengumandangkan kidung-kidung rohani melintasi Jalan El Tari, Wirajaya, Nuamuri, Banteng, Sudirman, belok kiri jalan Yos Soedarso hingga tiba di Gereja Katedral Ende.

Sementara itu, ribuan umat yang lain telah menunggu kedatangan jenazah di gereja Katedral Ende, tempat  jenazah Uskup Agung Ende disemayamkan.

Uskup Agung Ende, Mgr. Vincentius Sensi Potokota, berpulang pada Minggu,19 November 2023 di RS Santo Carolus Jakarta.

Pada Senin, 20 November, jenazah Sang Gembala disemayamkan di Gereja Katedral Jakarta, dan dirayakan misa untuk keselamatan kekal dipimpin Uskup Agung Jakarta, Mgr. Ignatius Kardinal Suharyo, didampingi Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Uskup Agung Mgr. Piero Pioppo.

Pada  Selasa, 21 November, jenazah Uskup Sensi diberangkatkan ke Ende, disemayamkan di Gereja Katedral Ende, dimakamkan di Istana Keuskupan Ndona  pada Kamis, 23 November 2023. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *