Kepala BSSN : Keamanan Siber adalah Fondasi Penting bagi Pertahanan Negara

Avatar photo

JAKARTA, Okebajo.com – Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) turut serta dalam kegiatan “Literasi Keamanan Siber Kodiklatau” yang diinisiasi oleh Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan Angkatan Udara (Kodiklatau) serta PT Huawei Tech Investment di Jakarta pada Selasa (23/7/2024). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kapasitas keamanan siber di kalangan TNI AU.

Kegiatan diawali dengan sambutan pembukaan oleh Kepala BSSN Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian, yang menekankan pentingnya pemahaman mendalam tentang teknologi terkini dan tren ancaman siber.

“Keamanan siber adalah fondasi penting bagi pertahanan negara, khususnya dalam menghadapi tantangan digital yang semakin kompleks. Melalui kegiatan literasi ini, kami berharap dapat meningkatkan kemampuan dan kesiapan TNI AU dalam mengantisipasi dan mengatasi ancaman siber,” ujar Kepala BSSN.

Hinsa juga menyampaikan bahwa ruang siber memiliki potensi besar untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan efektivitas dan efisiensi. Namun, isu keamanan siber terus menjadi tantangan akibat perkembangan taktik, teknik, dan prosedur penyerangan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Beragam serangan siber seperti Supply Chain Attack harus diantisipasi dengan selalu mengikuti perkembangan situasi siber terkini, salah satunya dengan saling berbagi informasi bersama CSIRT Sektoral dan Nasional.

Untuk meminimalkan potensi keberhasilan serangan dan menekan dampak potensial dari serangan siber, kesadaran keamanan siber serta kolaborasi dan sinergi antar pemangku kepentingan adalah kunci. Setiap pemimpin bertanggung jawab untuk lebih peduli dan sadar dalam mendorong peningkatan kompetensi SDM, pemenuhan tata kelola, dan penguatan standar keamanan teknologi.

Humas BSSN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *