Perayaan Minggu Palma Penuh Sukacita

Ratusan umat Katolik memadati Gereja Stasi Roe dalam perayaan Minggu Palma, Minggu (2/4/2023). Foto/Robert Perkasa

Labuan Bajo | Okebajo.com | Ratusan umat Katolik Stasi Hati Amat Kudus Tuhan Yesus, Roe, Paroki Rekas merayakan Minggu Palma penuh sukacita, meriah dan hikmad.

Perayaan Ekaristi Kudus diawali pemberkatan Daun Palma yang berlangsung di halaman kampung Roe. Dari sana, umat  berarak-arakan menuju Gereja. Sepanjang perarakan itu umat menyanyikan kidung-kidung rohani “Hosana Putra Daud” seraya melambaikan Daun Palma.

Perarakan ini merekonstruksi  peristiwa Tuhan Yesus masuk ke kota Yerusalem sebelum DIA disalipkan, wafat, dan bangkit pada hari ketiga (Hari Raya Paskah).

Sukacita Perayaan Minggu Palma. Ratusan umat Katolik mengikuti perarakan Daun Palma dari halaman Kampung Roe menuju Gereja Stasi Roe, Minggu, 2 April 2023. Foto/Robert Perkasa

Terpantau sejak pagi, ratusan umat datang dari sejumlah Kelompok Basis  Gerejani (KBG) memadati  Gereja Roe yang terletak di kawasan Puncak Bentang Alam Mbeliling, Desa Cunca Lolos, Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat.

Perayaan Minggu Palma di Gereja Stasi Roe dipimpin P. Stanis Ruba, SVD, Kepala SMPK St.Arnoldus Janssen Labuan Bajo dan dimeriahkan Koor/ Petugas Liturgi  dari KBG Santa Katharina.

Hadir mengamankan perayaan ini, Bhabinkamtibmas Desa Cunca Lolos, Bripka Hendrikus Deni dari Polsek Sano Nggoang dan sejumlah anggota Linmas Desa Cunca Lolos.

Polsek Lembor Amankan Minggu Daun di Welak

Perayaan yang sama terpantau
di Gereja St.Teresa Kalkuta Datak, Desa Golo Ronggot, Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat.

Sejumlah personil Polsek Lembor  dipimpin langsung Kapolsek Lembor, IPDA Yostan Alexanderia Lobang, SH terjun ke lokasi untuk mengamankan perayaan Ibadah Minggu Palma itu di Kecamatan Welak.

Kapolsek IPDA Yostan Alexanderia menjelaskan pengamanan tersebut bertujuan memberikan rasa aman kepada umat Katolik yang merayakan Minggu Daul Palma.

“Beberapa personel telah kami tempatkan di berbagai titik guna menjaga momentum pelaksanaan Ibadah Minggu Palma dalam menyambut hari raya Paskah bagi umat Katholik di wilayah hukum Polsek Lembor, tetap berjalan kondusif,” ucap Kapolsek Lembor.

Ia juga menambahkan bahwa dalam pelaksanaannya, personel yang beragama Katolik turut mengikuti prosesi pelaksanaan ibadah.

“Tak hanya memberikan pengamanan, personel kami juga mengikuti rangkaian ibadah seperti pemberkataan daun Palma hingga pelaksanaan ibadah di Gereja sebagai bentuk ketaat kepada Tuhan Yang Maha Esa,” tambah perwira balok satu itu.**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *