Basarnas Maumere & Tagana Latihan Mitigasi Bencana

Latihan bersama Basarnas Maumere dan Tagana Dinas Sosial Kabupaten Sikka tentang teknik pertolongan HART (High Angle Rescue Technique) serta teknik pemindahan korban dalam keadaan darurat, Kamis (27/4/2023) pagi. Foto/Humas Basarnas Maumere

Maumere | Okebajo.com | 25 anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Dinas Sosial Kabupaten Sikka mengikuti pelatihan bersama 8 personel Basarnas Maumere di Kantor Basarnas Maumere, Kamis (27/4/2023) pagi.

Materi pelatihan ini  tentang teknik pertolongan di ketinggian atau yang biasa disebut HART (High Angle Rescue Technique) serta teknik pemindahan korban dalam keadaan darurat.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere, Mexianus Bekabel, S.Sos.,MM menjelaskan tujuan kegiatan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas personel Taruna Siaga Bencana (Tagana) dalam menghadapi kesiapsiagaan dan mitigasi bencana di Kabupaten Sikka.

Selain itu, untuk menjalin
sinergitas dan koordinasi SAR dengan Tagana Dinas Sosial Kabupaten Sikka.

“Saya berterima kasih kepada Kepala Dinas Sosial, Bapak Rudolfus Ali yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk melaksanakann latihan bersama dan sosialisasi penanganan cepat korban bencana kepada seluruh anggota Tagana Kabupaten Sikka,” ungkap Mexianus Bekabel.

Ia berharap para anggota Tagana dapat merefresh kembali ilmu HART dan teknik pemindahan korban sehingga bisa menolong korban dengan mengutamakan keselamatan diri sendiri dan korban.

Turut hadir  dalam  pembukaan pelatihan ini a

Anggota DPRD Kabupaten Sikka, Ambrosius yang hadir pada pembukaan latihan ini mengatakan bahwa kegiatan sosial dan tanggap darurat bencana merupakan tanggung jawab bersama.

“Kami sangat mengapresiasi sinergitas Dinas Sosial Sikka dengan Basarnas Maumere dalam pelatihan ini.  Kegiatan sosial dan tanggap bencana merupakan bagian yang wajib kami perhatikan” ujarnya.

Ia berharap Basarnas Maumere dan Tagana terus bersinergi menangani operasi SAR seperti yang telah dilakukan selama ini.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sikka, Drs. Rudolfus Ali, M.Si juga menyampaikan apresiasi senada.

“Mewakili Bupati Sikka, saya berterima kasih kepada Basarnas Maumere yang cepat merespon surat kami untuk melaksanakan kegiatan ini”, ucapnya.

Saya berharap seluruh anggota Tagana Sikka mengikuti materi praktik dengan baik dan menjadi ilmu yang berguna saat melaksanakan operasi SAR bersama Basarnas Maumere bila terjadi kedaruratan di Kabupaten Sikka,” kata Rudolfus Ali. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *