Polsek Kuwus, Wilayah Kerja Luas Minim Personel dan Fasilitas

Polsek Kuwus, Wilayah Kerja Luas Minim Personel dan Fasilitas
Kantor Polsek Kuwus di wilayah komando Polres Manggarai Barat,  Polda Nusa Tenggara Timur. Foto/Ist

Labuan Bajo | Okebajo.com | Kepolisian Sektor (Polsek) Kuwus di wilayah komando Polres Manggarai Barat,  Polda Nusa Tenggara Timur minim  personel apalagi fasilitas.

Data yang dihimpun Okebajo.com  jumlah personel yang bertugas di Polsek Kuwus hanya 18 orang  termasuk Kapolsek.

Kapolsek Kuwus IPDA Arsilinus Lentar, Wakapolsek Kuwus Aiptu I Gede Darma Wijaya, Kanit Intel Aipda Wahyudianto, Kanit Binmas Aipda Nahum Bertolens Manbait, Kanit Reskrim Aiptu Ferdinandus Jasmin, Kasium Bripka I Putu Suwantara, Kanit Sabhara Bripka Peternus Kantib,

Tiga orang Ka SPKT, yaitu Aipda Muhamad Ichwan, Aipda I Wayan Ariawan, Bripka Yulianus Endera Houw dan 5 orang anggota, yaitu Bripka Naharuddin Yusuf, Briptu Karolus E. Dabut, Bripda Ardianus Nolir, Bripda Leopoldus Narcisius Bernand dan Bripda Dwiki P. S. Soentoro.

Sedangkan 3 personil lainnya masing masing bertugas sebagai Babinkamtibmas di 3 wilayah Kecamatan ;

Aipda I Gde Eka P. Wirawan sebagai Bhabinkamtibmas Kelurahan Nantal, Kecamatan Kuwus.

Bripka Nikolaus Brori Karbin sebagai Bhabinkamtibmas Desa Ranggu, Kecamatan Kuwus Barat.

Bripka Arif Rahman Hakim sebagai Bhabinkamtibmas Desa Tentang, Kecamatan Ndoso.

Wilayah hukum Polsek Kuwus sangat luas yang meliputi 3 Kecamatan, 35 Desa dan 2 Kelurahan.

Kecamatan Kuwus terdiri dari 10 Desa dan 2 Kelurahan. Kecamatan
Ndoso terdiri dari 15 Desa, dan Kecamatan Kuwus Barat 10 Desa.

Kecamatan Kuwus

Terdiri dari 10 Desa, yakni Desa Pangga, Desa Suka Kiong, Desa Compang Suka, Desa Golo Pua, Desa Benteng Suru, Desa Coal, Desa Sama, Desa Lewur, Desa Bangka Lewat dan Desa Lawi.

Dua Kelurahan, yaitu Kelurahan Nantal dan Kelurahan Golo Ru’u.

Kecamatan Kuwus Barat

Terdiri dari 10 Desa, yakni Desa Ranggu, Desa Golo Wedong, Desa Tengku, Desa Golo Lewe, Desa Tueng, Desa Wajur, Desa Compang Kules, Desa Golo Riwu, Desa Compang Kolang dan Desa Kolang.

Kecamatan Ndoso

Terdiri dari 15 Desa, yakni Desa Waning, Desa Tehong, Desa Pateng Lesu, Desa Momol, Desa Wae Buka, Desa Lumut, Desa Ndoso, Desa Kasong, Desa Raka, Desa Tentang, Desa Pong Narang, Desa Golo Bore, Desa Golo Ru’a, Desa Golo Keli, Desa Golo Poleng.

Butuh tambahan personil dan mobil patroli

Kapolsek Kuwus IPDA Arsilinus Lentar membenarkan data tersebut.

“Betul, wilayah hukum Polsek Kuwus sangat luas meliputi 3 kecamatan, 35 Desa dan 2 Kelurahan. Kalau bisa ditambah personel. Idealnya, satu personel polisi mengawasi tiga Desa,” ujarnya.

Kendaraan roda empat nihil

Selain minim personel, Polsek Kuwus juga kekurangan fasilitas kendaraan bermotor.

IPDA Arsi Lentar menyebutkan Polsek Kuwus hanya memiliki 6 kendaraan roda dua. Termasuk yang ada di tiga anggota Bhabinkamtibmas yang bertugas di 3 Kecamatan.

“Ranmor  roda dua ada 6 ranmor, termasuk yang digunakan tiga orang Bhabin yang bertugas di wilayah Kecamatan, Kuwus, Ndoso dan Kuwus Barat,” kata Kapolsek IPDA Arsi Lentar.

Sebelumnya, Kapolres Manggarai Barat, AKBP Ari Satmoko menjelaskan Polres Manggarai Barat saat ini terus mempersiapkan diri karena Labuan Bajo sudah ditetapkan sebagai kawasan destinasi wisata super prioritas.

Setelah gelaran KTT ke-42 ASEAN  di kota Labuan Bajo, masih ada lagi perhelatan internasional yang akan gelar di Labuan Bajo.

Untuk itu, Polres Manggarai Barat masih membutuhan tambahan personel.

Saat ini jumlah personel yang ada di Polres Manggarai Barat sebanyak 441 orang, masih kurang dari yang dibutuhkan sebanyak 1.063 orang.

“Rencana ke depan masih banyak lagi acara besar atau event internasional lainnya yang akan diselenggarakan di Labuan Bajo. Saya berharap dengan kunjungan kerja Tim Kompolnas ini dapat memberikan masukan untuk Polri khususnya Polres Mabar di masa mendatang,” ungkap Kapolres Ari Satmoko ketika menyambut kunjungan kerja Tim peneliti Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) di Labuan Bajo pada Kamis, 25 Mei 2023 lalu. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *