Kondisi Infrastruktur Jalan Doro-Rokap  di Dapil 2 Sangat Buruk

Kondisi ruas jalan Doro-Rokap yang menghubungkan Desa Kombo Tengah, Kecamatan Pacar dengan Desa Rokap Kecamatan Macang Pacar, Kabupaten Manggarai Barat. Foto/Ist

Labuan Bajo | Okebajo.com | Ruas jalan Doro-Rokap menghubungkan Desa Kombo Tengah, Kecamatan Pacar dengan Desa Rokap Kecamatan Macang Pacar, Kabupaten Manggarai Barat jadi topik sorotan publik.  Ruas jalan tersebut menjadi trending publik lantaran kondisi nfrastruktur publik itu sangat memprihatinkan. Jauh dari ekspektasi publik.

Berdampak buruk bagi warga
Masyarakat  di Kampung Rokap, Desa Rokap, Kecamatan Macang Pacar mengaku telah lama merasakan dampak negatif dari kondisi jalan tersebut.

Mereka bahkan telah menyuarakan keluhan terkait kondisi jalan yang rusak parah ini, namun hingga kini belum mendapat perhatian serius dari pemerintah Kabupaten Manggarai Barat.

Betapa tidak. Sejak tahun 2005, masyarakat Rokap telah mengalami kesulitan akibat jalan rusak ini. Mereka telah berulang kali mengajukan proposal untuk perbaikan jalan ini, namun hingga saat ini, proposal tersebut belum terealisasi.

“Jalan ini dibuka saat ada program yang namanya PPK, tetapi kini terlupakan. Kami masyarakat telah mencoba mengajukan permintaan kepada pemerintah dan kepada DPRD namun mereka tidak ada respon”, kata Yeremias Boi, warga kampung Rokap, Selasa , (31/10/2023).

Yeremias menjelaskan bahwa warga setempat sudah mengusulkan kepada pemerintah Desa sekiranya menggunakan Dana Desa Rokap untuk memperbaiki jalan tersebut, namun terkendala aturan.

Pasalnya, aturan yang berlaku tidak membolehkan penggunaan Dana Desa untuk pembangunan jalan yang berstatus  jalan Kabupaten.

“Kami sudah usulkan tapi terkendala aturan karena status jalan ini masuk jalan daerah,” ungkap Yeremias Boi.

Ruas jalan Doro-Rokap menghubungkan Desa Kombo Tengah, Kecamatan Pacar dengan Desa Rokap Kecamatan Macang Pacar, Kabupaten Manggarai Barat.

Ia menuturkan bahwa dengan kondisi jalan yang parah ini, kendaraan roda empat terpaksa melintasi rintangan yang ada untuk mengangkut hasil panen masyarakat petani di wilayah itu.

“Kondisi jalan yang rusak bukan hanya menghambat aktivitas pertanian masyarakat, tetapi juga berpotensi membahayakan keselamatan warga yang harus melintasi jalan ini setiap hari,” terang Yeremias

Masyarakat Rokap juga berharap agar masalah ini segera mendapatkan perhatian serius dari pemerintah Kabupaten Manggarai Barat.

Perbaikan jalan dapat dilaksanakan dan memungkinkan akses yang lebih baik bagi warga desa mereka.

Tidak hanya itu, perbaikan jalan ini juga akan membuka peluang ekonomi yang lebih baik bagi masyarakat setempat. Dengan akses yang lancar, produk-produk pertanian dan hasil kerajinan lokal dapat lebih mudah diangkut dan dijual ke pasar dan memberikan peluang pendapatan tambahan bagi masyarakat setempat.

Kisah perjuangan masyarakat Rokap yang terus berjuang untuk perbaikan jalan ini adalah cerminan determinasi dan semangat masyarakat yang patut dihargai.

Mereka telah bersabar selama bertahun-tahun. Harapan mereka untuk perbaikan jalan ini masih terus menyala.

“Kami masyarakat sangat berharap mungkin saatnya bagi pemerintah Kabupaten Manggarai Barat untuk mendengarkan keluhan kami ini dan dapat memberikan solusi konkret untuk mengatasi masalah jalan ini,” ujarnya

Ia menambahkan bahwa pentingnya peran pemerintah daerah dalam mendengarkan dan merespons kebutuhan masyarakat.  Perbaikan jalan ini bukan hanya tentang infrastruktur fisik, tetapi juga tentang meningkatkan kualitas hidup masyarakat, memajukan ekonomi daerah, dan meningkatkan akses terhadap layanan dasar seperti pendidikan dan kesehatan.

“Semoga suara kami masyarakat Rokap didengar, dan langkah-langkah nyata segera diambil untuk mengatasi masalah jalan ini,” tutupnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *