Opini  

Tips Hemat Anti Galau Mahasiswa Akhir Bulan

Yulita Imaculata Pamput ( Mahsiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Trhibuwana Tunggadewi Malang). Foto/Isth

OPINI, Okebajo.com – Kata siapa akhir bulan membuat banyak mahasiswa seperti kita ini galau Karena masalah keuangan, jika pintar mengelola keuangan maka akhir bulan tidak akan galau .mahasiswa seperti kita seringkali dihadapkan dengan berbagai masalah dan tantangan, salah satunya adalah permasalahan dalam mengatur keuangan.

Mahasiswa seringkali memiliki keterbatasan dalam hal penghasilan dan pengeluaran, sehingga membuat kita sulit dalam mengatur keuangan. Masalah keuangan seringkali dianggap sepele oleh sebagian mahasiswa, namun jika tidak diatasi dengan baik, masalah keuangan dapat mempengaruhi kualitas hidup dan juga akademi.

Mahasiswa perlu belajar bagaimana mengatur keuangan agar tidak terlalu boros dan hemat. Apalagi di tengah situasi kehidupan semakin tak menentu, yang banyak menuntut mahasiswa harus adaptif dan kreatif menciptakan atau memanfaatkan peluang yang ada. Saat ada tekad ingin hidup hemat. Pasti ada saja hal-hal yang bisa membuat kita keluarkan uang untuk memenuhi keinginan kita.

Jika kebiasaan itu terus berlarut-larut, maka kita bisa lebih boros dan asik mengeluarkan uang tanpa memperhitungkannya dengan cermat. Oleh karena itu kita wajib mengenali cara menghemat uang setiap hari yang efektif melalui beberapa tips simpel.

Pertama, tentu dari kita setelah mendapatkan kiriman dari orang tua pasti kita selalu membuat anggaran keuangan terlebih dahulu,Bisa dari mingguan sampai bulanan. Selain lebih hemat, membuat anggaran seperti ini tentu dapat membantu kita mengontrol pengeluaran kita.

Pasti dengan begitua kita tidak akan mengeluarkan uang tersebut untuk hal-hal yang tidak diinginkan. kenali kebutuhan dan keinginan, salah satu yang menyebabkan mahasiswa boros dan tidak bisa menghemat uang adalah tidak bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan.perlu bagi mahasiswa seperti kita untuk mengenal apa yang membedakan keinginan dan kebutuhan.

Kebutuhan itu merupakan keinginan manusia terhadap suatu barang yang harus dipenuhi guna untuk mempertahankan kehidupannya. Sementara keinginan itu sendiri adalah sesuatu hal yang ingin kita miliki, tetapi apabila tidak berhasil mendapatkannya maka tidak akan berpengaruh besar pada kelangsungan hidup kita,tapi tidak menutup kemungkinan kita banyak lebih mengutamakan keinginan dari pada kebutuhan.

Kedua yang bisa kita lakukan yaitu sadar diri, kenapa karena ada sejumlah mahasiswa yang memiliki pendapatan, tetapi kebanyakan mengandalkan kiriman orang tua. Karena itu, mahsiswa harus menyadari anggaran dari orang tua yang didapatka dengan jerih payah hanya umtuk kebutuhan kuliah kita.Sebaiknya kita mahasiswa membuat rencana pengeluaran bulanan.

Ini bisa dirancang mulai dari apa saja yang dibutuhkan dan berapa uang yang harus dikeluarkan dalam satu bulannya.
Selain itu juga perlu membuat semacam batasan maksimal uang yang perlu dikeluarkan,Secara tidak langsung ini akan membiasakan kita mahasiswa dalam mencari cara bagaimana mendapatkan barang sesuai kebutuhan dengan modal yang secukupnya.

Dengan mengikuti tips keuangan mahasiswa di atas, dapat membangun kebiasaan pengelolaan keuangan yang baik dan membangun kepercayaan dalam diri untuk mengatur keuangan kita di masa depan.

Selain itu, pengelolaan keuangan yang baik dapat membantu mengurangi stres dan kekhawatiran, sehingga mahasiswa dapat fokus pada studi mereka dan mencapai tujuan akademik mereka dengan lebih baik.

Untuk mahasiswa agar dapat menghemat yaitu dengan cara membuat angaran dan patuhi, prioritaskanlah pengeluaran, hemat disebagian besar pengeluaran, buatlah daftar belanja. hindari hutang , manfaatkan diskon untuk belanja lebih hemat. **

Oleh : Yulita Imaculata Pamput ( Mahsiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Trhibuwana Tunggadewi Malang)

Okebajo.com adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *