PMI Manggarai Barat Lantik Relawan Palang Merah Remaja Wira SMAN 1 Komodo

Pelantikan dan pengukuhan relawan Palang Merah Remaja Unit Wira SMA Negeri 1 Komodo Labuan Bajo, Senin (21/12/2023). Foto/Markas PMI Mabar

Labuan Bajo | Okebajo.com | Palang Merah Indonesia (PMI) Manggarai Barat melantik dan mengukuhkan unit Palang Merah Remaja (PMR) tingkat Wira SMA Negeri 1 Komodo di Labuan Bajo pada, Kamis 21 Desember 2023 kemarin.

Jadi penolong bagi sesama

Kepala SMA Negeri 1 Komodo, Martinus Marson, S.Pd  yang membuka kegiatan itu menyerukan pesan kepada semua pengurus dan anggota PMR  terlantik untuk menjadi relawan yang rela berkorban menunaikan misi kemanusiaan. Menjadi penolong bagi sesama manusia serta menjadi teladan bagi siswa-siswi yang lainnya sesuai dengan 7 Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional dan Tri Bakti PMR.

“Anggota PMR harus sehat, kuat dan siap menjadi penolong bagi sesama menjalankan misi kemanusiaan”, ujar Martinus Marson.

Ia menyampaikan terima kasih kepada PMI Manggarai Barat yang telah memfasiltasi pembentukan PMR di SMAN 1 Komodo seraya berharap agar terus melakukan pendampingan dan penguatan para anggota PMR. Pendampingan diperlukan agar mereka  lebih memahami tugas dan peran PMR di sekolah.

Palang Merah Remaja

Kepala Markas PMI Manggarai Barat, Bertin Banggur menerangkan PMR merupakan salah satu wadah di sekolah untuk belajar mengembangkan dan meningkatkan kemampuan diri bagi siswa-siswi melalui kegiatan ekstrakurikuler.

“Pelantikan dan pengukuhan ini dilaksankan untuk melanjutkan kegiatan sebelumnya, di antaranya sosialisasi tentang PMR dan penyampaian materi kepalangmerahan kepada semua calon anggota PMR di SMAN 1 Komodo yang dilaksanakan bulan Oktober 2023 lalu”, terang Bertin Banggur.

Ia tegaskan bahwa Markas PMI Manggarai Barat siap untuk mendampingi teman-teman Pembina PMR dalam kegiatan-kegiatan PMR selanjutnya.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh kepala sekolah SMAN 1 Komodo Martinus Marson, S.Pd yang didampingi oleh para Wakil Kepala sekolah dan para guru.

Kepala SMA Negeri 1 Komodo, Martinus Marson, S.Pd menyampaikan terima kasih kepada PMI Manggarai Barat yang telah memfasiltasi pembentukan unit PMR di SMAN 1 Komodo.

Turut hadir dalam kegiatan ini para Wakil Kepala Sekolah dan para guru SMAN 1 Komodo, pengurus PMI Manggarai Barat di antaranya Drs. David E. Rego Wakil Ketua Bidang Organisasi, Marselinus Sani Ngarung Wakil Ketua Bidang Anggota dan Relawan, Apolonarius Sawusuhadi Wakil Ketua Bidang Penanggulangan Bencana, Sekretaris/Kepala Markas Bertin Banggur dan Kepala Bidang Anggota dan Relawan F. Sales Tamur serta para staf dan relawan PMI Manggarai Barat.

Tujuan PMR

Drs. David E. Rego mewakili ketua PMI Manggarai Barat Yosef Suhardi, SH, menjelaskan  tujuan pembentukan PMR di sekolah, antara lain untuk meningkatkan keterampilan, kemampuan diri  para pelajar menjadi teladan dan sukarelawan bekerja sama bagi sesama manusia tanpa membedakan latar belakang agama, suku, ras dan sebagainya.

“Tujuan PMR dibentuk di sekolah untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan adik-adik untuk
menjadi penolong bagi sesama secara sukarela, menjadi teladan bagi teman yang lain”, kata David Rego.

Ia menyampaikan terima kasih kepada SMAN 1 Komodo yang telah bersedia membentuk unit PMR sebagai salah satu organisasi ekstrakurikuler di sekolah serta proficiat kepada semua anggota PMR terlantik.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Anggota dan Relawan, Marsel Sani Ngarung mengapresiasi semangat dan komitmen pengurus PMI bidang anggota dan relawan Sales Tamur dan guru SMAN 1 Komodo Wawan Hariyanto yang intens berkoordinasi dan berkomitmen agar PMR SMAN 1 Komodo dapat dikukuhkan dan dilantik pada tahun ini. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *