Longsor,  Arus Lalu Lintas Jalan Bambor- Werang Lumpuh, Kini Pulih Kembali

Arus lalu lintas kendaraan di jalan Bambor - Werang lumpuh total diterangkan longsor dan kayu tumbang, Kamis pagi (22/2/2024). Foto/Camat Mbeliling

Labuan Bajo | Okebajo.com |  Longsor  menerjang jalan  Bambor – Werang, Kamis pagi, 22 Februari 2024.

Titik longsor  dan pohon kayu tumbang terjadi di area Wae Sapo, Desa Watu Galang, perbatasan Kecamatan Mbeliling dan  Kecamatan Sano Nggoang.

Akibat longsor, arus lalulintas kendaraan rosa empat dan roda dua dari dan ke ibukota Kecamatan Sano Nggoang lumpuh total. Namun beberapa jam kemudian sudah mulai pulih kembali.

“Ini kejadian di dekat Wae Sapo. Pohon kemiri tumbang dan longsor. Nyaris belum bisa dilewati kendaraan. Kami sudah koordinasi dengan Camat Mbeliling dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah untuk dilakukan gotong royong. Pak Camat Mbeliling sudah ada di TKP. Harapannya hari ini juga kita bisa tangani sehingga akses kendaraan bisa berjalan normal”, kata Camat Sano Nggoang, Alfons Arfon saat dikonfirmasi Okebajo.com, Kamis pagi.

Setelah berkoordinasi, Camat Mbeliling langsung meluncur ke TKP, Kamis pagi.

“Saya saat ini berada di TKP. Kondisi di TKP, arus lalu lintas kendaraan roda empat dan roda dua tidak bisa melintas karena terhalang pohon kayu kemiri yang tumbang diterangkan longsor akibat hujan deras sejak Rabu malam”, kata Camat Mbeliling, Yohames Hibur (Jhon Hibur).

Camat Jhon Hibur  menjelaskan kondisi di TKP hingga pagi ini, ada satu pohon kemiri yang tumbang sudah digeser menggunakan alat  manual seadanya. Sedangkan satu pohon kayu kemiri  yang besar sulit digeser.

Kami butuh mesin sensor dan juga alat berat untuk menguraikan material longsor. Tim penanganan darurat bencana dari BPBD Kabupaten Manggarai Barat katanya sudah on the way (OTW) ke TKP”, jelas Camat Mbeliling.

Hingga berita ini ditayangkan, arus lalu lintas kendaraan di ruas jalan tersebut sudah mulai pulih kembali setelah aksi gotong-royong yang dilakukan warga setempat dipimpin Camat Mbeliling.

“Arus lalu lintas  kendaraan sudah mulai pulih kembali. Kami sudah sensor pohon kemiri yang tumbang di TKP”, kata Camat Mbeliling. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *