Kapal Wisata Terbakar, Semua Penumpang Selamat

Labuan Bajo | Okebajo.com | Kapal Wisata Sea Safari VII terbakar di perairan Pulau Penga Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Naas ini terjadi Kamis, 2 Mei 2024 pukul 08.50 Wita saat Kapal berlayar dari Labuan Bajo menuju Pulau Komodo.

Kepala Basarnas Maumere, Supriyanto RIdwan selaku SMC (SAR Mission Coordinator) menyatakan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Ridwan memastikan para penumpang Kapal yang berjumlah 33 orang beserta Anak Buah Kapal (ABK) selamat dan berhasil dievakuasi.  Hanya 4 orang di antaranya menderita luka-luka dan sesak nafas.

“Setelah menerima laporan kejadian ini, Tim SAR Gabungan bergerak cepat menuju lokasi kejadian guna mengevakuasi  33 penumpang Kapal Wisata Sea Safari VII yang hendak berwisata dengan rute Labuan Bajo-Pulau Komodo”, terang Ridwan dalam rilis resminya.

Untuk kepentingan evakuasi, Tim SAR Gabungan mengerahkan Kapal RIB Pos SAR Manggarai Barat, Kapal Searider Ditpolair Polda NTT dan Kapal Searider KSOP Labuan Bajo.

Kapal Searider Dit Polair NTT terlebih dahulu dikerahkan menuju lokasi guna mempercepat evakuasi korban. Disusul Kapal RIB Pos SAR Manggarai Barat dan Searider KSOP Labuan Bajo.

“Setelah sampai di lokasi, kami sangat berterima kasih dan sangat bersyukur atas respon time SAR yang dimiliki kapal lain di sekitar lokasi kejadian yang telah lebih dulu memindahkan korban ke tempat yang aman yaitu Kapal Wisata Birotris, Kapal Wisata Explorer 8 dan dua sekoci Kapal Sea Safari VII,” ungkap Ridwan.

4 korban luka

Lebih lanjut, Ridwan mengatakan bahwa sekitar pukul 09.30 Wita Tim SAR Gabungan Ditpolair Polda NTT berhasil menyelamatkan 4 korban yang mengalami luka-luka dan sesak nafas.

Tiga orang di antaranya adalah Anak Buah Kapal (ABK) Rizazal mengalami luka bakar pada kaki. Bambang dan Dedi menderita luka ringan dan sesak nafas serta Karolina Yasinta Jemilang tamu asal Indonesia mengalami  sesak nafas. Keempat korban tersebut telah dilarikan ke RS Siloam Labuan Bajo.

Sementara itu Tim Pos SAR Manggarai Barat dan Sea Rider KSOP Labuan Bajo membawa 11 korban lainnya, yakni ABK Kapal 3 orang dan 8 penumpang menuju Labuan Bajo.

Sedangkan  18 orang penumpang wisatawan lainnya dievakuasi menuju Resort Warloka Manggarai Barat guna beristirahat dan melanjutkan perjalanan wisata. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *