Kilas Balik Musda I 2024 MASATA DIY, Menyongsong Pariwisata Berkelanjutan

Yogyakarta, Okebajo.com – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Masyarakat Sadar Wisata (MASATA) DIY menggelar Musyawarah Daerah (MUSDA) I yang sukses pada Senin, 10 Juni 2024, bertempat di Edotel SMKN 6 Yogyakarta. Acara ini menjadi momentum penting bagi pengembangan pariwisata di DIY, terutama dalam menghadapi tantangan masa depan.

Ketua DPD MASATA DIY, Siti Rania, menjelaskan bahwa MUSDA ini bertujuan untuk melaporkan kegiatan selama tahun 2023/2024, mengesahkan program kerja, serta meresmikan perubahan struktur Dewan Pengurus MASATA DIY periode 2023-2028. Acara ini dihadiri oleh seluruh Dewan Penasehat, Dewan Pengurus, anggota MASATA DIY, serta utusan dari DPC MASATA Sleman.

MUSDA I ini dibuka oleh Sekretaris Jenderal DPP MASATA, Andi Azwan, dan dilanjutkan dengan pidato inspiratif dari Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo, S.H., M.Ed., yang bertema “Membangun Pariwisata DIY Menjadi Destinasi Wisata Yang Ramah Lingkungan”. Dalam pidatonya, Singgih menekankan pentingnya peran aktif MASATA DIY dalam mengembangkan pariwisata yang berkelanjutan dan ramah lingkungan di daerah tersebut.

“MASATA DIY harus menjadi garda terdepan dalam pengembangan pariwisata berkelanjutan di DIY. Kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan pelaku wisata sangat penting untuk mewujudkan visi ini,” ujar Singgih Raharjo.

MUSDA yang dipimpin oleh Plt Wakil Ketua II MASATA DIY, Ki R. Bambang Widodo, menghasilkan beberapa keputusan penting, antara lain:

Penerimaan laporan kerja DPD MASATA DIY tahun 2023/2024 dan program kerja tahun 2024 hingga 2028. Persetujuan perubahan susunan Dewan Pengurus MASATA DIY periode 2024-2028, diantaranya :

Ketua: Siti Rania

Ketua Harian: Ki R. Bambang Widodo

Sekretaris: Inung Rahmawati

Bendahara: Rina Roso

Ketua dan Sekretaris terpilih diberi mandat untuk melengkapi posisi Ketua-Ketua Bidang yang diperlukan untuk mendukung program kerja yang telah disusun.

Acara MUSDA ini diakhiri dengan penyerahan Mars MASATA, yang liriknya ditulis oleh Siti Rania dan diaransemen oleh Julian Suman, serta Batik MASATA yang juga merupakan karya Siti Rania, kepada Sekretaris Jenderal DPP MASATA, Andi Azwan. Dewan Penasehat MASATA DIY, Tazbir Abdullah, S.H., secara simbolis mengukuhkan Dewan Pengurus MASATA DIY periode 2024-2028.

Dengan semangat baru dan kepemimpinan yang solid, MASATA DIY diharapkan mampu membawa pariwisata DIY ke arah yang lebih baik, lebih ramah lingkungan, dan lebih berkelanjutan. Mari kita dukung bersama upaya ini demi masa depan pariwisata yang cerah di Daerah Istimewa Yogyakarta. **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *