Camat Sano Nggoang “Geser Pasar Werang” ke Hari Kamis

Avatar photo
Salah satu lapak pedagang sayur di Pasar Inpres Werang, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat. Foto/Robert Perkasa

Labuan Bajo | Okebajo.com | Camat Sano Nggoang menggeser Pasar Werang dari hari Sabtu ke hari Kamis.

Pergeseran hari Pasar Werang hanya dilaksanakan khusus untuk hari Sabtu 22 April 2023. Setelah itu normal seperti biasa.

Camat Alfons Arfon, S.Sos, M.Tr.A.P mengumumkan perubahan ini melalui Surat Nomor Ek.500/173/IV/2023 tanggal 18 April 2023.

Pengumuman ini ditujukan kepada para pedagang dan segenap warga masyarakat Kecamatan Sano Nggoang.

Dia jelaskan, pengumuman ini diumumkan berdasar Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi Nomor 1066 tahun 2023, Nomor 23 tahun 2022 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama tahun 2023 yang menetapkan bahwa hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah jatuh pada Sabtu, 22 April 2023.

“Sehubungan dengan itu, kami sampaikan kepada seluruh pedagang dan masyarakat Kecamatan Sano Nggoang bahwa pelaksanaan Pasar Werang yang bisanya dilaksanakan hari Sabtu dimajukan  ke hari Kamis, 18 April 2023,” bunyi pengumuman Camat Sano Nggoang.

Lebih penting dari SKB tiga Menteri tersebut, menggeser jadwal hari Pasar Werang dari Sabtu ke Kamis mempertimbangkan waktu berbelanja umat Muslim di Kecamatan itu mempersiapkan berbagai kebutuhan mereka merayakan lebaran Idulfitri.

Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah bertepatan dengan hari pasar Sabtu, 22 April 2023.  Karena itu, jadwal Pasar Werang dimajukan ke hari Kamis, 20 April.

“Beberapa hal menjadi pertimbangan kami.  Pertama, pelaksanaan Sidang Isbat hari Kamis. Kita jaga kemungkinan, Idulfitri hari Jum’at.

Kedua, agar umat Muslim yang merayakan Idulfitri masih bisa berbelanja berbagai kebutuhan mereka untuk hari raya sebelum hari Sabtu, 22 April.

Ketiga, Muhammadiyah akan melaksanakan hari raya pada hari Jum’at, 21 April”, jelas Camat Alfons Arfon, Senin (17/4). *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *