IPPEMSI Makassar Geruduk Kantor ĎPRD dan Gubernur Sulawesi Selatan

Makassar | OkeBajo.Com |Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Simbuang – Mappak (IPPEMSI) Makassar geruduk Kantor DPRD dan Gubernur Sulawesi Selatan, Jumat, 24 Maret 2023.

Jendral lapangan, Dominikus Yogi mendesak Pemerintah Sulawesi Selatan untuk mempercepat pembangunan infrastruktur jalan ruas Passobbo – Matangli – Masuppu – Batas Kabupaten Pinrang.

Ia juga mendesak Pemerintah Sulsel segera optimalkan pengawasan terhadap alokasi anggaran pembangunan jalan tersebut.

“Kami hadir depan kantor DPRD dan Gubernur Sulawesi Selatan untuk menagih janji serta komitmen dari pemerintah Sulawesi Selatan terkait kondisi jalan yang sangat memprihatinkan,” tegas Dominikus.

Masyarakat Simbuang-Mappak saat ini jauh dari rasa keadilan.  Hak sebagai  warga negara merdeka belum seutuhnya terpenuhi.  Hal ini menjadi salah satu faktor penyebab ketertinggalan masyarakat Simbuang-Mappak ialah karena infrastruktur jalan.

Dominikus mengatakan bahwa jalan merupakan prasarana transportasi darat yang seharusnya diperhatikan.  Termasuk bangunan penghubung, bangunan pelengkap dan perlengkapan yang diperlukan bagi lalu lintas untuk menunjang akselerasi pembangunan dan pemenuhan kebutuhan masyarakat, baik itu kegiatan perekonomian maupun kegiatan  sosial kemasyarakatan.

Dominulikus tegaskan ruas jalan Simbuang-Mappak yang perlu penanganan darurat tahun 2023 merupakan wewenang pemerintah Sulawesi Selatan,

“Desa/Lembang Makkodo, Kecamatan Simbuang, kondisi jalan yang rusak berat sehingga sulit untuk dilalui kendaraan roda empat dan beresiko bagi pengandaraan roda dua. Titik kerusakan sekitar 4 kilometer perlu penanganan darurat seperti rabat beton ataupun pengerasan bahu jalan,”tegasnya.

Tidak hanya itu. Desa /Lembang Pongbembe Mesakada, Kecamatan Simbuang, kondisi jalan yang berkerikil dan berlumpur.  Terdapat beberapa kubangan di bahu jalan mengakibatkan sulitnya dilalui kendaraan roda dua, apalagi kendaraan roda empat. Sekitar 5 kilometer perlu dilakukan pengerasan jalan maupun rabat beton.

Kelurahan Kondodewata, Kecamatan Mappak, sekitar 3 kilometer kondisi jalan berlumpur sehingga perlu dilakukan pengerasan jalan ataupun rapat beton. Juga perlu dilakukan pelebaran jalan.

Penting untuk perencanaan yang matang dalam melakukan pembangunan jalan Poros Simbuang-Mappak karena kondisi tanah yang labil pada beberapa titik.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *