Meriah Ibadah Salat Jumat Ramadhan di Masjid  Nurul Falah Waemata

Masjid Besar Nurul Falah Waemata Labuan Bajo meski diguyur hujan lebat jemaah terus berdatangan memadati pelaksanaan salat Jum'at kedua di bulan Ramadan 2023 itu. Foto/Rikardus Nompa

Labuan Bajo | Okebajo.com | Ibadah Salat Jumat kedua Ramadhan 1444 H di Masjid  Besar Nurul Falah Waemata Labuan Bajo berjalan lancar dan tertib walau diguyur hujan deras, Jumat, 31 Maret 2023.

Terpantau Media ini, area parkir Masjid dipadati kendaraan para jemaah yang mengikuti momen istimewa bulan Suci Ramadhan di Masjid itu.

Khotib dan Imam Sholat, Ustadz Faisal Rahmat  mengapresiasi semangat para jemaah mengikuti ibadah Salat Jumat walau hujan deras mengguyur.

“Saya sangat mengapresiasi walaupun hujan-hujan tapi mereka tetap mengikuti ibadah Salat Jum’at secara berjemaah”, ujarnya ketika ditemui Okebajo.com usai Sholat Jum’at di Masjid Besar Nurul Falah Waemata.

“Ini trend positif yang bagus, dalam artian semangat kaum muslimin yang ada di Labuan Bajo khususnya yang ada di lingkungan Masjid Nurul Falah Waemata ini luar biasa sekali”, ungkapnya bangga.

Menurut Ustad Faisal Rahmat, partisipasi jemaah dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan sangat signifikan ketimbang hari-hari biasa sebelumnya sepi.

“Suasana hari ini lebih ramai dan ini sangat bagus. Mungkin nuansanya ramadhan, jemaah tampak bersemangat. Ini terbukti jemaahnya memadati saf salat hingga tempat parkir Masjid Nurul Falah Waemata dipadati kendaraan. Rasanya senang sekali karena suasananya lebih semarak dan terbuka,” ungkapnya.

Ustadz Faisal Rahmat, Selaku Khotib dan Imam Sholat ketika ditemui Okebajo.com usai shalat Jum’at di Masjid Besar Nurul Falah Waemata Labuan Bajo.Foto/Rikardus Nompa

Menjaga Thaharah, kerukunan dan perbanyak amal

Ustadz Faisal Rahmat menjelaskan  intisari khotbahnya pada ibadah salat Ramadan ini, yakni menjaga Thaharah dan kerukunan serta perbanyak amal di bulan suci Ramadhan.

“Poin khotbah tadi, pertama pentingnya menjaga Thaharah (bersuci/bersih). Kalau kita tidak memperhatikan Thaharah, nanti berkat ibadah kita hilang dengan sendirinya”, ujar Ustad Faisal.

Kedua tentang kerukunan. “Kita hidup di dunia ini tidak boleh mengadu domba antara sesama saudara kita, teman kita”, imbau Ustad Faisal.

Ustad Faisal juga mengajak jemaah yang hadir di Masjid Nurul Falah Waemata untuk  terus meningkatkan amal di bulan Ramadhan, meningkatkan salat, banyak berinteraksi dengan Al-Qur’an, Infak dan sedekah.

Taat beribadah

Arfin Siregar, seorang jemaah yang mengikuti salat Jumat Ramadhan mengatakan, antusias para jemaah menunjukkan ketaatan mereka kepada Allah SWT.

“Alhamdulillah, kami tetap melanjutkan salat meskipun diguyur hujan. Bagaimana pun juga, ini adalah bentuk ketaatan kita kepada Allah SWT.  Hujan bukan alasan membatalkan salat, apa lagi ini salat kedua di bulan penuh ampunan dan berkah ini” kata Arifin Siregar saat ditemui usai Salat Jumat di halaman Masjid Nurul Falah Waemata, Labuan Bajo. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *