Opini  

OMK Tunas Gereja Masa Depan

Oleh : Benyamin Ewa *)

Orang Muda Katolik (OMK) merupakan wadah perkumpulan orang muda Katolik. OMK adalah ruang kreasi anak muda. OMK menjadi rumah orang muda Katolik untuk mengelaborasi gagasan,  bakat, talenta yang dimiliki kaum milenial.

Melalui wadah OMK, orang muda dengan segala kekuatan dan keunikannya saling berbagi pengalaman. Bertukar ide mengembangkan nilai-nilai kristiani.

Menumbuhkan rasa persaudaraan kekeluargaan, persatuan dan persekutuan.

OMK menjadi rumah  bersama anak muda Katolik untuk saling mengasihi, melayani. Saling  membina mental dan karakter, karena sejatinya anak muda Katolik merupakan generasi masa kini dan tunas Gereja di masa depan.

Pasang surut OMK

Berdasar pengalaman sejauh ini, OMK mengalami masa pasang surut. Di tengah perjalanan, kekompakan dan kebersamaan OMK  kadang tumbuh, kadang pula layu.

Pada masa tertentu, anggotanya banyak dan bersemangat. Pada waktu yang lain,  anggota yang banyak dan semangat menyala-nyala itu redup bahkan hilang.

Banyak anggota OMK bisanya tampak ketika ada kegiatan. Setelah kegiatan berakhir, hilang dari peredaran. Hal ini bisa dimaklumi. Sebab keanggotaan OMK umumnya orang muda.

OMK Stasi Santu Paulus Terang

OMK Stasi Santu Paulus Terang, Paroki Hati Kudus Yesus Lando salah satu komunitas OMK yang ada di wilayah Keuskupan Ruteng.

Kita akui, keberadaan OMK Stasi Santu Paulus Terang tidak berbeda jauh dengan OMK di Stasi atau Paroki yang lain. Jejak kiprahnya pun mengalami pasang surut. Kadang semangat, lalu redup.

Karena itu, solusi agar OMK Stasi Santu Paulus Terang tetap eksis, kita selalu melakukan banyak kegiatan.

Mari kita  bangkit bergerak. Semangat anak muda tidak boleh padam  di tengah jalan. Energi positif kita maksimalkan melalui berbagai kegiatan positif.

Relasi kepemudaan kita jangan kendur.  Bangun komunikasi yang baik.

OMK Stasi Santu Paulus Terang adalah tunas dan harapan Gereja masa kini dan kelak.  Karena itu OMK  terus menjaga kekompakan dan kebersamaan.

Saya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada teman-teman OMK
Stasi Santu Paulus Terang.

Di masa pra Paskah hingga memasuki pekan Suci ini, OMK di Terang  luar biasa. Telah menggelar beberapa kegiatan rutin. Bukan sekadar berkumpul dan berdiskusi. Lebih dari itu ikut terlibat aktif dalam kegiatan latihan Koor, bakti sosial di lingkungan Gereja, kunjungan rohani atau rekoleksi anak muda, kunjungan antar OMK lintas Stasi dan  Paroki, serta kegiatan olahraga dan kegiatan lainnya menyambut Hari Raya Paskah 2023.

Saya sangat optimis, kegiatan-kegiatan seperti ini dapat mempererat tali persatuan, merawat  kebersamaan dan kekompakan Orang Muda Katolik.

Saya berharap agar kegiatan seperti ini harus terus dipertahankan agar kebersamaan tetap terjaga.

OMK Santu Paulus, Terang adalah tunas dan harapan Gereja kini dan ke depan. Mari bangkit  jaya  bersama Yesus Kristus, Halelluya. Selamat Pesta Paskah 2023 !*

*) Penulis, Wartawan Okebajo.com, tinggal di Terang, Kecamatan Boleng.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *