Ujian Akhir Sekolah SMP Negeri 1 Komodo Labuan Bajo

Situasi UAS Hari Pertama, 11 April 2023, Foto/ Fransiskus Ndejeng.

Labuan Bajo | Okebajo.com | Pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah (UAS) tingkat SMP dan sederajat, dimulai hari ini, Selasa, 11-15 April 2023.

Pelaksanaan UAS sesuai juklak dan juknis yang dikeluarkan Mendikbud Ristek Nomor 1 tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan  Ujian Kesetaraan serta pelaksanaan Ujian Sekolah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19).

Juklak dan juknis ini ditindaklanjuti  oleh  Keputusan Rapat para Kepala Sekolah  di Dinas Pendidikan Kepemudaan dan  Olahraga Kabupaten Manggarai Barat, 27 Maret 2023. Dipertegas dengan Surat Penegasan Penyelenggaraan Ujian Sekolah. Melalui surat Nomor : 412/PKO/Pem.SMP/800/III/2023, tertanggal, 27 Maret 2023 yang telah disahkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga, Drs. Yohanes Hani, M.Pd.

Pertama, Ujian Nasional (UN) untuk SMP/MTs tahun pelajaran 2022/2023 ditiadakan dan tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Kedua, peserta didik  dinyatakan lulus dari satuan/ program pendidkkan setelah:

a. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran yang dibuktikan dengan raport tiap semester;
b. Memperoleh nilai sikap/ prilaku minimal baik;
c. Mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan.

Ketiga, bentuk Ujian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan :

a. Portofolio berupa evaluasi  atas nilai rapor, nilai sikap/perilaku, prestasi lain yang  yang diperoleh sebelumnya (penghargaan, hasil perlombaan dan sebagainya);

b. Penugasan;
c. Tes secara daring atau luring; dan/atau
d. Bentuk kegiatan lain yang ditetapkan Satuan Pendidikan sesuai dengan kompetensi yang diukur berdasarkan Standar Nasional Pendidikan.

Keempat, ujian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut;

a. Jadwal Ujian Sekolah yang diselenggarakan Satuan Pendidikan dalam hal ini test tertulis 11 April sampai 15 April 2023;
b. Satuan Pendidikan wajib menyampaikan nilai Ujian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan dan nilai rapor kepada Kementerian melalui data pokok pendidikan untuk kepentingan peningkatan dan pemerataan mutu pendidikan;
c. Nilai Ujian Sekolah yang nanti akan ditulis pada blanko Ijazah diperoleh dari : 1). Rata-rata nilai rapor semester 1 sampai dengan semester 6, 2). Rata-rata nilai tugas, 3). Test tertulis; dan atau
4). Bentuk kegiatan lain yang ditetapkan Satuan Pendidikan sesuai dengan kompetensi yang diukur berdasarkan Standar Nasional Pendidikan.

Kelima, Kelulusan peserta didik ditetapkan oleh Satuan Pendidikan yang bersangkutan melalui rapat dewan guru.

Keenam, Jadwal Berita Kelulusan akan disampaikan kemudian.

Foto : Sekretaris Dinas PKO Mabar, bapak Gabriel Ferdy, S.Pd. didampingi oleh Kabid SMP, bapak Valentinus Palus, S.S, dan staf Dinas PKO, Yohanes Don Bosko, S.Fil.

Total peserta UAS

Jumlah peserta seluruhnya, sebanyak 237 peserta. Laki-laki 113 peserta dan perempuan 124 peserta.

Jumlah siswa peserta menurut agama, terdiri dari siswa beragama Islam, sebanyak 61 orang. Yang beragama Katolik berjumlah 166 orang. Beragama Kristen berjumlah 8 orang dan beragama Hindu, sebanyak 2 orang. Dari jumlah sebelumnya, adalah 240 orang. Tiga orang siswa mutasi keluar ke sekolah lain sesuai permintaan orang tua dan wali.

Pelaksanaan Ujian Sekolah, dilakukan dan dilaksanakan dalam jumlah 12 ruang, dengan jumlah peserta per ruang diisi 20 siswa peserta. Dengan jumlah pengawas ruang 34 orang.

Untuk menjabarkannya melalui keputusan Kepala SMP Negeri 1 Komodo, Nomor : 066/Sket.SMPN 1KMD/III/2023 tentang Rancangan Pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah tahun pelajaran 2022/2023, sebagai berikut :

1. Rencana pelaksanaan UAS, 11-15 April 2023 (utama), dan Ujian Akhir Sekolah Susulan 17-20 April 2023.

2. Ketentuan penyusunan soal ujian akhir sekolah sesuai dengan juknis penyelenggaraan UAS tahun 2021/2022;

Jenis soal adalah pilihan ganda dan esey test. Jumlah soal; untuk mata pelajaran Matematika, IPA, PJOK, prakarya, pilihan ganda 35 nomor, Esay test adalah 5 nomor. Jumlah soal sebanyak 40 nomor.

Untuk mata pelajaran Pendidikan Agama, PPKn, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPS, dan Seni Budaya, sebanyak 50 nomor soal, terdiri dari 45 nomor pilihan ganda dan 5 nomor esay test.

Proporsi soal berdasarkan  tingkat kesulitan soal (taksonomi bloom dan Underson), terdiri dari tingkat  Hots (sulit), sebanyak 20 % soal. Tingkat Mots (sedang), sebanyak 50 %, dan tingkat Lots (mudah) sebanyak 30%.

Proporsi soal menurut jenjang kelas, terdiri dari kelas VII, sebanyak 20%, kelas VIII, sebanyak 30%, dan kelas IX , sebanyak 50%.Penyusunan Naskah soal disertai dengan kisi-kisi soal dan ditambah penskoran.

Demikian laporan Ketua Panitia Ujian Akhir Sekolah, ibu Siti Nurfiati, S.Pd, selaku Waksek Kurikulum, selaku guru penggerak tahun 2022, dan sedang mengikuti TOT guru penggerak tahun 2023 ini.

Jadwal penyusunan soal dan kisi-kisi UAS tahun 2023 ini dilaksanakan selama tiga hari, 10-13 Maret 2023. Dengan batas deadline pengumuman soal dan kisi-kisi soal, 27 Maret 2023 dalam bentuk shoffile pada panitia UAS. Pengeditan naskah soal sesuai rencana kerja panitia. Penggadaan soal, pengepakan soal sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur). Dilengkapi oleh tim edit soal,  tim analisis nilai, tim pengetikan soal, dan pengeditan nilai.

Sesuai pedoman dalam  kelulusan berdasarkan Surat Edaran Mendukbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan UN dan Ujian Kesetaraan serta pelaksanaan Ujian Sekolah Nomor 422.1/7886/415.16/2023 meliputi :

Pertama, menyelesaikan seluruh program pembelajaran.

Kedua, siswa memperoleh nilai sikap dan atau prilaku minimal baik (B).

Ketiga, mengikuti penilaian akhir sekolah yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

Proporsi Penilaian, sebagai berikut : Nilai semester 1-6, dengan besar proporsi, 60%, Nilai UAS sebesar 40%. Ditambah dengan nilai praktek praktikum, nilai praktek Prakarya, Seni budaya, PJOK, dan pendidikan Agama, dan Bahasa Inggris, untuk menaikan bobot nilai semester 6 dan kepentingan lainnya.

Komposisi tim pelaksana UAS SMP Negeri 1 Komodo tahun 2023, sebagai berikut. Penanggung jawab: Drs. Fransiskus Ndejeng, M.Pd., Ketua Pelaksana : Siti Nurfiati, S.Pd., merangkap Wakasek Kurikulum.

Wakil Ketua panitia : Reneldis Litum Bergita, S.Pd., sekaligus sebagai Wakasek Kesiswaan.Sekretaris Umum : Kanisius Jerahu, S.Pd, dan Bendahara : Serikat Ahmat, S.Pd. Dilengkapi para seksi dan penyusun soal, para guru mata pelajaran. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *