ASEAN Summit 2023, Warga Mabar Harus Bangga Daerahnya Jadi Tuan Rumah

Warga Mabar Harus Bangga Daerahnya Jadi Tuan Runah ASEAN Summit 2023
Maksimus Ramses Lalongkoe bersama Menteri Kominfo, Johny Plate

Jakarta | Okebajo.com | ASEAN Summit 2023, dimana negara-negara di kawasan Asia Tenggara akan kembali bergabung dalam acara tahunan tersebut. Kali ini, acara tersebut akan berlangsung di Indonesia dan lebih tepatnya di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Warga Mabar harus merasa bangga dengan keputusan Presiden Joko Widodo menjadikan Labuan Bajo sebagai tuan rumah pertemuan pimpinan negara se-ASEAN tersebut.

Apa alasannya ?

Rasa bangga itu bukan tanpa alasan, sebab ada ikutanya yaikni pembangunan intrastruktur daerah baik itu pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang menjadi venue utama ASEAN Summit 2023 hingga pembangunan jalan baru  Labuan Bajo menuju Golo Mori.

“Saya pikir warga Manggarai Barat harus merasa bangga dengan terpilihnya Mabar sebagai tuan rumah pertemuan para pimpinan negara se-ASEAN. Rasa bangga itu bukan tanpa alasan, sebab ikutanya dengan adanya pembangunan intrastruktur daerah baik itu pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus yang jadi venue utama ASEAN Summit 2023 hingga pembangunan jalan baru  Labuan Bajo menuju Golo Mori, ” kata Akademisi Maksimus Ramses Lalongkoe di Jakarta, Kamis (20/4/2023).

Dorong kemajuan di Mabar

Menurut pria asal Kempo, Manggarai Barat ini, kehadiran ajang internasional tersebut bisa mendorong kemajuan Mabar. Untuk itu ajang ini harus menjadi momentum peradaban baru bagi masyarakat setempat.

“Ini ajang internasional bisa mendorong kemajuan Mabar. Ajang ini harus menjadi momentum peradaban baru bagi masyarakat setempat, ” ujar Ramses.

Lebih lanjut Dosen Komunikasi ini mengatakan, sekecil apa pun pernyataan atau komunikasi publik di media bisa menimbulkan perdebatan dan membuat ketidaknyamanan bagi pihak luar apalagi ada riak-riak penolakan dengan berbagai alasan yang tidak substantif.

“Sekecil apa pun pernyataan atau komunikasi publik di media bisa menimbulkan perdebatan dan membuat ketidaknyamanan bagi pihak luar. Apalagi ada riak-riak penolakan dengan berbagai alasan yang tidak substantif, ” jelas Ramses.

Ramses berharap semua pihak baik pemerintah daerah maupun masyarakat harus satu suara mendukung pelaksanaan ajang internasional tersebut sehingga mempercepat kesejahteraan masyarakat.

Bila ada persoalan yang belum terselesaikan harus segera selesaikan tanpa harus riak-riak yang memicu kontroversi di tengah nasyarakat.

Pemilihan Labuan Bajo, Manggarai Barat sebagai tuan rumah ASEAN Summit 2023 merupakan sebuah kehormatan besar bagi daerah tersebut. Acara ini bukan hanya memberikan kehormatan dan kepercayaan. Tetapi juga peluang besar untuk mempromosikan kekayaan budaya dan potensi pariwisata daerah tersebut.

Dengan persiapan yang matang dan dukungan dari semua pihak. Harapanya kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses dan membawa dampak positif bagi masyarakat setempat serta kawasan Asia Tenggara secara keseluruhan.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *