PMBB Sukseskan Prosesi Perarakan Sakramen Maha Kudus di Labuan Bajo

PMBB Sukseskan Prosesi Perarakan Sakramen Maha Kudus di Labuan Bajo
Prosesi Sakramen Maha Kudus di Kota Labuan Bajo. Foto/Alexandro

Labuan Bajo | Okebajo.com | Ribuan umat Gereja Katolik Kevikepan Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur mengikuti prosesi Sakramen Maha Kudus pada Sabtu petang, 10 Juni 2023. Dalam perarakan Sakramen Maha Kudus, Pemuda Manggarai Barat Bersatu (PMBB) turut mengambil bagian dalam prosesi perarakan.

Ketua PMBB, Obe Hormat dan sejumlah anggotanya, berada tepat di belakang kendaraan yang membawa Sakramen Maha Kudus, lengkap dengan busana PMBB yang menggunakan sapu sebagai ikat kepala dan sarung songket yang kental akan budaya Manggarai.

Pengawalan PMBB mulai dari Gereja Katolik Stasi Marombok, depan Gendang Kaper, depan Kantor Dinas PU, pertigaan Pasar Baru, perempatan gang Pengadilan, Gereja Paroki Roh Kudus, Patung Caci dan berakhir di Gereja Paroki Maria Bunda Segala Bangsa Wae Sambi.

Pemuda Manggarai Barat Bersatu (PMBB) turut mengambil bagian dalam prosesi perarakan Sakramen Maha Kudus. Foto/Alexandro

Sementara itu, Dalam prosesi tersebut, PMBB bertugas mengawal barisan belakang kendaraan Sakramen Maha Kudus dan membantu  aparat Kepolisian dan Dinas Perhubungan untuk mengatur arus lalulintas.

Kehadiran PMBB dalam prosesi perarakan Sakramen Maha Kudus, merupakan salah satu kewajiban dan penghormatan bagi Pemuda Manggarai Barat  Bersatu.

“Kami hadir di prosesi perarakan ini merupakan kewajiban, yang artinya kami  sebagaian anggota adalah umat Gereja Katolik, sehingga kegiatan terkait Agama wajib untuk dihadiri.  Kami juga hadir sebagai penghormatan artinya, untuk menjunjung tinggi keberagaman dan toleransi, karena di PMBB ini, anggotanya bukan saja beragama Katolik, tetapi juga agama Islam dan Kristen Prostestan”, ungkap Obe Hormat, ketua PMBB.

Obe Hormat menambahkan, PMBB yang hadir sejak 4 Mei 2023 bertujuan untuk menciptakan rasa aman dan nyaman. Terutama bagi masyarakat Manggarai Barat dan juga seluruh pendatang yang tinggal di Labuan Bajo, serta wisatawan yang datang berkunjung.

  “Menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Manggarai Barat; mencerdaskan dan meningkatkan kemampuan masyarakat Manggarai Barat, mempertahankan dan mengembangkan kearifan lokal untuk melindungi masyarakat baik pendatang maupun masyarakat lokal Manggarai Barat, serta membela dan memperjuangkan pengakuan, penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak dan kewajiban masyarakat Manggarai Barat dengan cara yang humanis dan bermartabat,” lanjutnya.

Ia juga menekankan, PMBB akan selalu berpartisipasi dan mendukung setiap kegiatan upacara keagamaan yang penyelenggaraanya di Labuan Bajo.

Selain itu, dengan keterlibatan PMBB,  kegiatan prosesi perarakan Sakramen Maha Kudus berjalan lancar dan aman.

Sakramen Maha Kudus bagi umat Gereja Katolik merupakan tindakan penyembahan kepada Tuhan Yesus. Yakni Ia yang hadir dalam rupa Hosti yang telah dikonsekrasikan.

Gereja Katolik pun menghormati Sakramen Mahakudus dengan melakukan upacara perarakan Sakramen.

Tujuanya adalah untuk mengungkapkan kesaksian iman dan hormat kepada Tuhan Yesus Kristus yang hadir dalam Ekaristi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *