Romo Ignasius Azavedo Viares, Kepala SMK Stella Maris yang Baru

Labuan Bajo, Okebajo.com, – , Romo Ignasius Azavedo Viares, S. Fil., M. Th secara resmi menjadi Kepala SMK Stella Maris yang baru. Upacara pengesahan Rm. Sevri (demikian beliau biasa disapa) berlangsung sangat meriah di halaman tengah sekolah tersebut, Rabu, (24/1/2024).

Setelah disambut secara adat di pintu gerbang, Rm. Sevri dan undangan lainnya dihantar menuju panggung acara dengan tarian meriah dari anggota Sanggar Seni Stemalla. Seremoni pelantikan diawali dengan merayakan Misa Kudus dengan tema: “Menjadi Bentara Kasih dan Sukacita’. Rm. Sevri menjadi selebran utama dan Rm. Kornelis Hardin bertindak sebagai konselebran.

Hadir dalam acara pengukuhan itu, antara lain; pak Felix Beda Tukan dan Theodorus Noka (perwakilan pengurus Yayasan Sekolah Umat Katolik Manggarai Barat/Yasukmabar), para pengawas, para kepala sekolah, perwakilan dari dunia usaha dan industri (DUDI), para guru dan pegawai serta para siswa SMK Stella Maris.

Sebuah tenda megah ‘terpancang megah’ di halaman tengah sekolah itu. Meski begitu, kemah itu terlalu kecil untuk menampung peserta yang hadir, terutama anggota komunitas SMK Stella Maris yang diperkirakan berjumlah 1700 orang. Sebagian peserta terpaksa duduk di bawah beberapa ‘pohon beringin’ yang tumbuh di sekitar halaman dan di teras kelas.

Rm. Sevri mengucapkan sumpah kepada Tuhan secara lantang yang dipandu oleh Rm. Dino selaku ketua Yasukmabar yang baru. Dengan ini, maka beliau mesti mempersembahkan kemampuan terbaiknya agar SMK Stella Maris menjadi sekolah yang terberkati, berlimpah kasih yang terlihat dari pencapaian yang bakal diraih kelak.

Sekadar informasi bahwa Rm. Sevri dipercayakan sebagai Kepala SMK Stella Maris untuk melanjutkan estafet kepemimpinan yang sebelumnya diemban oleh Rm. Dino. Setelah hampir 8 tahun ‘memahat kisah indah’ di sekolah ini, pihak Keuskupan Ruteng memberikan tanggung jawab yang lebih besar lagi kepada Rm. Dino.

Tidak tanggung-tanggung. Jabatan sekelas Yasukmabar mesti ‘dijalankan’ oleh pastor kapelan di Stasi Merombok ini. Dengan demikian, melalui seremoni ‘serah terima jabatan’ hari ini, dirinya ‘pamit’ dari Stella Maris. Beliau diutus oleh Tuhan ke medan kerja yang baru dengan ‘volume’ tugas yang tidak ringan.

Seperti biasa, seusai ritus pelantikan, tetamu yang hadir menyimak beberapa sambutan dari sejumlah tokoh dalam kapasitas masing-masing. Selain Rm. Dino dan Rm. Sevri, mereka yang membawakan sambutan adalah pak Dorteus Jamin (perwakilan pengawas) dan Markus Randu selaku Ketua Komite sekolah. Isi sambutan mereka akan dipaparkan dalam tulisan esai yang lain.

Sedangkan acara yang bersifat hiburan, dipentaskan persis setelah ‘berkat penutup meriah’ dari imam selebran utama(Rm. Sevri). Momen itu digunakan secara optimal oleh sejumlah siswa yang berbakat. Mereka menampilkan beberapa mata acara yang atraktif dan memanjakan mata penonton. Kreativitas para siswa dalam bidang seni (vokal, tari, dan sastra) diperlihatkan secara elegan.

Manusia tidak hidup dari ‘sabda dan seni’ saja, tetapi juga dari makanan jasmani. Karena itu, acara yang tidak kalah pentingnya adalah menyantap makanan yang sudah disiapkan oleh panitia. Hampir pasti bahwa semua kami tidak ada yang kelaparan. Perut kenyang dan hati pun senang. Sebuah tanda kita dalam kondisi yang sangat siap untuk ‘bergoyang’.

‘Goyang bersama’ menjadi sajian pamungkas kali ini. Rm. Dino dan Rm. Sevri didaulat oleh pemandu acara untuk jadi ‘orang pertama’ yang tampil dalam acara goyang ria itu. Lagu berirama Ja’i menjadi ‘nomor pembuka’ untuk edisi ‘mengolah liukan dan lekukan tubuh’ ini.

Beruntung ‘cuaca’ tidak terlalu gerah hari ini. Dengan situasi mendung dan angin yang sejuk, anak-anak Stella dengan bebas memperagakan aneka gaya dalam menari. Kita bergoyang di alam terbuka. Semuanya larut dalam rasa bahagia yang tidak terkira. Stella Maris sudah dapat ‘gembala’ yang baru.

Akhirnya, selamat datang dan selamat bertugas di SMK Stella Maris kepada Rm. Sevri. Berharap sinar ‘Bintang Laut (Stella Maris)’ tak pernah pudar. Cahaya itu terus membias ke seluruh semesta. Terima kasih tak berhingga kepada Rm. Dino yang sudah meletakkan pondasi yang kuat bagi kemajuan sekolah ini dan sukses memolesnya menjadi SMK kebanggaan di kawasan paling Barat Nusa Bunga. Selamat bertugas sebagai Ketua Yasukmabar.

Oleh : Sil Joni

*Penulis adalah Staf Pengajar di SMK Stella Maris Labuan Bajo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *