Advokat Ardy Mbalembout, Sosok Pejuang Sosial Maju Caleg DPR RI Dapil NTT 1 Partai Demokrat

Matheus Munggur Mbalembout, SH., MH (Ardy) Calon Anggota DPR RI nomor urut 2 Partai Demokrat, Daerah Pemilhan NTT 1 (Flores, Alor, dan Lembata). Foto/Okebajo.com

Labuan Bajo, Okebajo.com, – Matheus Munggur Mbalembout, SH., MH kerap disapa Ardy Mbalimbout, sosok yang bukan sekadar politisi, melainkan juga seorang advokat terkemuka, siap memimpin Daerah Pemilihan NTT 1 (Flores, Lembata, dan Alor) sebagai calon anggota DPRD RI nomor urut 2 dari Partai Demokrat.

Dibalik sorot mata tajamnya, Ardy Mbalembout membawa kekayaan pengalaman sebagai seorang advokat. Dedikasinya dalam ranah hukum tidak hanya menjadi fondasi karirnya, tetapi juga menunjukkan komitmen dalam memperjuangkan keadilan bagi masyarakat.

Dengan latar belakangnya yang kokoh sebagai advokat, Ardy Mbalembout, SH., MH, menawarkan kombinasi unik antara keahlian hukum dan visi kepemimpinan yang inklusif. Sebagai calon anggota DPRD RI dari Partai Demokrat nomor urut 2, Ardy siap menjadi perwakilan yang efektif dan berkomitmen untuk membawa perubahan positif bagi NTT 1.

Saat ini, beliau memegang jabatan sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah Kongres Advokasi Indonesia (DPD KAI) DKI Jakarta, periode 2020-2025, menjadikan ini sebagai periode kedua kepemimpinannya di DPD KAI.

Prestasinya di dunia hukum membawa Ardy Mbalembout ke puncak kepengurusan Partai Demokrat, dipilih oleh Agus Harimurti Yudhoyono sebagai Kepala Badan Hukum dan Pengamanan Partai periode 2020-2025. Keberhasilannya tidak hanya sebatas di dunia politik, tetapi juga dalam menangani sejumlah kasus besar di Indonesia.

Dalam wawancara dengan awak media di restoran Eleven Labuan Bajo pada Kamis (25/1/2024), Ardy Mbalembout berbagi pandangannya tentang karakter seorang advokat yang sukses. Menurutnya, teliti dan jujur adalah kunci utama. Ia menekankan pentingnya melakukan legal audit dengan investigasi yang benar, tepat, dan terukur, serta menjaga kejujuran antara advokat dan klien.

Namun, Ardy tidak hanya mengandalkan kecerdasan hukumnya. Ia menekankan bahwa kejujuran adalah pondasi yang membangun hubungan yang kuat antara advokat dan klien. Menurutnya, advokat harus mampu memupuk relasi berlandaskan saling percaya untuk mencapai keberhasilan dalam menangani kasus.

Prestasinya bukan hanya terbatas di ranah hukum. Ardy Mbalembout juga telah mengukir sejumlah prestasi di bidang olahraga. Dengan meraih medali perunggu di Kejuaraan Nasional tinju junior pada tahun 1992 dan menjadi jawara UFC Indonesia RCTI pada tahun 2024, ia menunjukkan bahwa dedikasinya tidak hanya terfokus pada satu bidang.

Di dunia politik, Ardy telah mencatatkan diri sebagai Calon Legislatif DPR RI periode 2019-2024 dan saat ini menjabat sebagai Hakim Mediator atas beberapa perkara di Jakarta Timur. Kiprahnya yang sangat beragam ini mencerminkan kemampuannya untuk beradaptasi dan berprestasi di berbagai bidang.

Namun, Ardy Mbalembout tidak hanya seorang profesional di ranah hukum dan politik. Ia juga adalah advokat publik yang aktif dalam mengadvokasi masalah-masalah sosial kemasyarakatan.

Salah satu pencapaian gemilangnya adalah pengungkapan perdagangan manusia di Nusa Tenggara Timur (NTT), yang berhasil membebaskan tenaga kerja yang disekap dan menjadi suara bagi masyarakat yang tertindas.

Dengan jejak pendidikan yang impresif dan beragam pengalaman organisasionalnya, Ardy Mbalembout adalah figur yang komprehensif, tidak hanya dalam bidang hukum dan politik, tetapi juga sebagai individu yang peduli terhadap isu-isu sosial. Keberhasilannya dalam menyeimbangkan karier hukum, politik, dan olahraga menunjukkan bahwa Ardy Mbalembout adalah sosok yang patut diperhitungkan dalam dunia publik Indonesia.

Profil MM Ardy Mbalembout

Advokat Ardy Mbalembout merupakan putra asli NTT. Dia lahir di NTT 28 September 1973. Ayahnya berasal dari Cibal, Manggarai dan ibunya berasal dari Larantuka, Flores Timur. Jejang pendididikan dari TK hingga SMP ia selesaikan di Kupang, Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), yaitu TK ST Yoseph Kupang, SDK ST Yoseph IV Kupang dan SMPN 4 Kupang.

Tugas orang tua membuat dia sempat sekolah di beberapa tempat di NTT, antara lain dia pernah mengeyam Pendidikan SMP Negeri I Larantuka dan SMAK Syuradikara, Ende Flores. Di Syuradikara Ardy tidak sampai tamat. Ia harus pindah lagi ke Kupang dan menamatkan pendididikannya di SMA Negeri I Kupang (tempat mantan bupati Manggarai Antonius Bagul Dagur menjadi Kepala Sekolah kala itu).

Setelah SMA, Ardy datang ke Jakarta dan masuk Fakultas Hukum Universitas Katolik Atmajaya. Pada tahun 1996 dia memperoleh gelar sarjana hukum, dan di Kampus yang sama tepatnya pada tahun 2011, Ardy meraih gelar Magister hukum (S2). Pada tahun 2014 mengikuti Pendidikan Kepailitan dan kurator pada Asosiasi Kurator dan Pengurus Indonesia (AKPI).

Pada tahun 2016 menerima Certificate Legal Audit dari Jimly Asidiqy School. Kemudian 3 tahun setelahnya, di tahun 2019 mengikuti Pendidikan arbitrase Badan Nasional Arbitrase Indonesia (BANI) dan Pendidikan Mediator IMAC hingga tuntas.

Di tahun 2022 mengikuti Pendidikan Pusat Edukasi Anti Korupsi oleh KPK dan Pendidikan Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXIV Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (LEMHANNAS RI). Dari 2022 hingga sekarang sedang menempuh Pendidikan S3 hukum di Universitas Padjajaran, Bandung.

Sementara itu di organisasi, Ardy tercatat pernah menjabat Ketua Bidang Pembelaan Profesi DPN PERADI (Persatuan Advokat Indonesia) (2015-2020), Ketua Bidang Hukum & Disiplin PB ISSI (Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia) (2016-2018), Ketum ASAHI (Asosiasi Audit Hukum Indonesia) DPD NTT (2017-2021), Wakil Ketua Umum DPP IPHI (Ikatan Penasihat Hukum Indonesia) (2018-2020) dan Anggota BAKI Komite Olimpiade Indonesia serta Wakil Ketua Bidang Hukum BP POBSI (2019-2024).

Di periode (2019-2023) terpilih dan menjabat sebagai Majelis Hakim KOI (Komite Olimpiade Indonesia), (2020-2025) terpilih sebagai Ketua Umum DPD Kongres Advokat Indonesia (KAI) DKI Jakarta (Periode Ke-2) sekaligus Kepala Badan Hukum dan Pengamanan Partai DPP Partai Demokrat.

Di periode yang sama (2020-2025) menjabat Wakil Ketua Mahkamah Partai DPP Partai Demokrat dan di periode (2021-2025) menjabat Wakil Sekretaris Jenderal Bidang Hukum PB ISSI (Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia).

Adapun Riwayat pekerjaan yaitu : Junior Partner PETRUS Salestinus & Rekan (1996-2004), J unior Partner Pusat Bantuan Hukum Yan Apul,S.H. 2005-2004), Ketua Harian Pusat Bantuan Hukum Pengadilan Negeri Jakarta Barat (2005-2007), Kantor Hukum MBALEMBOUT & PARTNER’S (Owner) 2004-sekarang), Konsultan Hukum PT Midtou Aryacom Futures (2018-sekarang), Hakim BAKI ( Badan Arbitrase Keolahragaan Indonesia (BAKI) (2019-sekarang).

(2019-sekarang) Konsultan Hukum PT Paladian apartment, (2020) Hakim MEDIATOR Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, (2021) Arbiter BANI dan Konsultan Hukum di Kalimasadha, (2021-sekarang) Konsultan Hukum PT Adira Leasing.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *