“Kampung Ramadhan” di Masjid Nurul Falah Waemata Labuan Bajo

Labuan Bajo, Okebajo.com,-Menyemarakkan suasana islami  bulan Suci Ramadhan, Pasukan Amal Sholeh (Paskas) Labuan Bajo menggelarkan kegiatan keagamaan bertajuk “Kampung Ramadhan”.

Kegiatan keagamaan Kampung Ramadhan digelar  selama sepekan, 3 – 9 April 2023 di Masjid Besar Nurul Falah Waemata, Desa Gorontalo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Beragam kegiatan keagamaan di
bulan Suci Ramadhan1444 Hijriah
antara lain Tausiyah Ramadhan, Pasar Amal & Bazar UMKM, Takjil Ramadhan dan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ), lomba  Adzan, Da’i & Dai’ah, Hafalan Juz 29-30, Hafalan Surat Pendek dan Doa Harian untuk kalangan anak-anak.

“Kegiatan Kampung Ramadhan ini diinisiasi oleh Paskas Labuan Bajo, bekerja sama dengan BKM dan remaja Masjid Nurul Falah Waemata”, kata Ketua Panitia Kampung Ramadhan, Dedi Gunawan saat dikonfirmasi Okebajo.com, Sabtu pagi, 1 April 2023.

Dedi Gunawan menjelaskan, Paskas program utama Paskas yang dilakukan selama ini adalah infak beras ke pondok, sedekah makanan bersama setelah selesai sholat Jum’at.

“Kegiatan itu sudah berjalan selama delapan bulan di Labuan Bajo. Kini teman-teman Paskas Labuan Bajo berinisiatif untuk membuat kegiatan di bulan Ramadhan dengan tema Kampung Ramadhan”, jelasnya.

Suasana kegiatan Kampung Ramadhan 1444 Hijriah ini dilakukan di jantung kota Labuan Bajo tetapi bernuansa kampung.

“Kami mendesain kegiatan Kampung Ramadhan ini di tengah kota namun suasananya benar-benar terlihat seperti di kampung. Harapannya, para jemaah yang hadir merasakan suasana kampung Ramadhan ini seperti yang dialami di kampung”, tutur Gunawan.

Jaga persatuan

Dedi Gunawan mengajak seluruh organisasi pemuda dan Remaja Masjid di Kabupaten Manggarai Barat untuk menguatkan ukhuwah islamiyah, menjaga persatuan umat, dan mengisi Ramadan dengan kegiatan yang positif.

“Semoga gerakan-gerakan pemuda lainnya punya spirit yang sama ketika hari-hari besar seperti bulan Ramadan ini sehingga manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh seluruh umat”, imbaunya.

Berikut rundown kegiatan Tausiyah Ramadhan di Masjid Nurul Falah Waemata Labuan Bajo yang dirilis Paskas Labuan Bajo.

Senin, 3 April ; Ba’da Ashar dibawakan oleh Ustadz Hasan Rois (Terapis Labuan Bajo) dengan tema “Menjadi Hamba Yang Lebih Baik di Bulan Ramadhan”.

Selasa, 4 April ; Ba’da Ashar oleh Ustadz Apri Prakoso (Da’i Muda Tepian Negeri) dengan tema “Memperbaiki Hubungan dengan Allah & Sesama di Bulan Ramadhan”.

Rabu 5 April ; Ba’da Ashar oleh Ustadz Faisal Rachmat (Pimpinan Ponpes Nurul Fattah Mburak) dengan tema “Meningkatkan Keimanan & Ketaqwaan di Bulan Ramadhan”.

Kamis, 6 April ; Ba’da Ashar oleh Ustadz Masrin Muktar Umar (Pimpinan Ponpes Nurul Ikhlas NW Werang) dengan tema “Mengatasi Godaan & Cobaan Selama Menjalani Ibadah Puasa”.

Jum’at, 7 April ; Ba’da Ashar oleh Ustadz Fadli Daut (Pimpinan Ponpes Alam Tahfizdul Qur’an Kolong) dengan tema “Menjadi Lebih Sabar & Mengendalikan Emosi Selama Bulan Ramadhan”.

Sabtu, 8 April ;  Ba’da Ashar oleh Ustadz Achbar Syafrudin (Pimpinan Ponpes Insan Kamil Flobamora Ndewel) dengan tema “Bersihkan Hati dan Sucikan Harta dengan Zakat”.

Minggu, 9 April ; Ba’da Ashar dibawakan oleh Ustadz Muhammad Yasin (Imam Masjid Nurul Iman Sernaru) dengan tema “Menjadi Hamba Yang Lebih Baik di Bulan Ramadhan”. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *