Berkah KTT ASEAN, Puluhan Kendaraan Listrik Parkir di Mapolres Mabar

Berkah KTT ke-42 ASEAN. Sebanyak 25 unit kendaraan listrik parkir berjejer di halaman Markas Kepolisian Resor Manggarai Barat.

Labuan Bajo | Okebajo.com |  Berkah KTT ke-42 ASEAN. Sebanyak 25 unit kendaraan listrik parkir berjejer di halaman Markas Kepolisian Resor Manggarai Barat.

Korlantas Polri menghibahkan 25 unit kendaraan listrik berbasis baterai (KLBB) ini sehari pasca KTT ASEAN.

Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen Pol. Aan Suhanan menyerahkan 25 unit kendaraan patroli dan pengawalan (patwal) itu kepada Kasat Lantas Polres Manggarai Barat, IPTU Royke Weridity.

IPTU Royke Weridity merinci 25 unit kendaraan hibah dari Korlantas Polri terdiri dari 1 unit mobil patwal tipe Hyundai Ioniq EV produksi Korea Selatan tahun 2022.

Selain mobil patwal, juga ada 4 unit motor pengawalan tipe Zero DSR dan 20 unit motor Patroli tipe Niu Gova 3.

“Mobil listrik untuk patwal tipe Hyundai Ioniq EV akan digunakan oleh Satlantas Polres Mabar,” kata IPTU Royke Weridity usai menerima hibah di halaman Markas Polres Mabar, Jumat (12/5/2023) pagi.

IPTU Royke menerangkan keunggulan mobil Hyundai Ioniq EV bergenre Sedan ini dibekali dengan baterai lithium-ion polymer dengan kapasitas 38.3 kWh.

Keunggulan Hyundai Ioniq EV memiliki jarak tempuh hingga 373 Km (berdasarkan NEDC) dan 311 Km (berdasarkan WLTP) dalam sekali pengisian daya.

Mobil Hyundai Ioniq EV dapat melakukan pengisian daya penuh dalam 54 menit untuk pengisian nol hingga 80 persen menggunakan stasiun pengisian kendaraan listrik berkapasitas 100 kW.

Performa mobil Hyundai Ioniq EV hanta membutuhkan waktu 10,2 detik saat berakselerasi dari 0-100 kilometer per jam (kpj).

Berkah KTT ASEAN,  Puluhan Kendaraan Listrik Parkir di Mapolres Mabar
Berkah KTT ke-42 ASEAN. Sebanyak 25 unit kendaraan listrik parkir berjejer di halaman Markas Kepolisian Resor Manggarai Barat.

Keunggulan motor Zero DSR

Empat unit motor  tipe Zero DSR dan 20 tipe Niu Gova 3 juga memiliki keunggulan tersendiri.

Motor listrik tipe Zero DSR sudah bekali dengan motor elektrik Z-Force 75-7R air-cooled.

“Sekali ngecas motor listrik ini bisa menjangkau jarak 262 km sampai 328 km”, kata IPTU Royke.

Motor ini juga memiliki tenaga hingga 70 tk pada 3.500 rpm dengan torsi maksimal 157 Nm.  Kecepatan tertinggi bisa mencapai 163 kpj.

Motor tipe Niu Gova 3 pun  tidak mau kalah. Niu Gova 3 mampu berlari hingga kecepatan 60 Km per jam dengan tenaga maksimum 2.000 W.

Berbekal baterai lithium 60 volt 40 Ah dengan berat 20 Kg. Motor listrik ini mampu berlari menempuh jarak hingga 70 Km.

Keunggulan lain dari Niu Gova 3  sudah bekali dengan teknologi Energy Recovery System (EBS). Fungsinya untuk memastikan baterai dapat terisi kembali oleh daya listrik ketika rem aktif sehingga dapat memperpanjang jarak tempuh.

Ramah lingkungan & hemat

IPTU Royke mengucap terima kasih kepada Korlantas Polri atas hibah tersebut.

Satlantas Polres Manggarai Barat kini bisa berpatroli menggunakan kendaraan listrik berbasis baterai yang ramah lingkungan dan jauh lebih hemat dari pada kendaraan berbahan bakar minyak.

“Penggunaan kendaraan listrik ini untuk mendukungnya operasional patroli Satlantas Polres Mabar sekaligus menjadi pelopor penggunaan kendaraan listrik di Labuan Bajo,” ujarnya.

Kendaraan listrik ini, kata dia, mendorong transisi energi ramah lingkungan bagi keberlanjutan ekosistem dunia.

Menurut dia, penggunaan kendaraan listrik tersebut sebagai implementasi dari Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022 tentang penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai sebagai kendaraan dinas operasional dan atau kendaraan perorangan dinas instansi pemerintah pusat dan pemerintah daerah. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *