Opini  

Membangun Karakter Entrepreneur Mahasiswa Melalui Digital Marketing

OPINI, Okebajo.com, – Pada era digital saat ini membuat perubahan yang signifikan dalam berbagai hal, contohnya saja dalam hal pemasaran produk. Dimana saat ini mayoritas pemasaran produk tidak dilakukan secara konvensional lagi.

Dengan perkembangan teknologi yang pesat, terutama sosial media menjadi topik yang menarik untuk di bahas. Pasalnya saat ini media sosial sering digunakan sebagai sarana marketing atau pemasaran produk, dan mempromosikan produk.

Namun, pada kenyataannya tidak semudah itu untuk mempromosikan produk melalui media sosial. Perlu beberapa strategi yang dibutuhkan yakni daya tarik produk untuk dapat menarik calon konsumen sehingga calon konsumen akan tertarik untuk melihat sosial media penjual yang kemudian akan berlanjut hingga proses pemesanan produk.

Dengan penggunaan media sosial dan digital yang tinggi di kalangan masyarakat terutama kalangan remaja, dimana hampir semua memiliki smartphone yang terkoneksi dengan internet serta memiliki beberapa akun media sosial hal ini menjadi suatu strategi yang tepat dan potensial dikembangkan untuk melakukan pemasaran melalui media sosial.

Dengan melakukan pemasaran digital akan dapat memudahkan dalam melakukan transaksi jual beli. Karena dapat dilakukan secara online, jadi antara penjual dan pembeli tidak perlu saling bertemu untuk melakukan proses jual beli.

Dengan kemajuan teknologi saat ini diharapkan generasi masa kini dapat memanfaatkannya dengan baik untuk mengembangkan entrepreneurshipnya sehingga dapat memunculkan bibit-bibit unggul entrepreneur yang kreatif dan inovatif serta dapat memajukan perekonomian negara.

Entrepreneurship adalah suatu proses menciptakan dan mendirikan bisnis yang berbeda dan memiliki nilai dimana memerlukan inovasi dan kreativitas dari sang pendiri sehingga mampu untuk menghadapi tantangan dengan melihat peluang dari bermacam resiko dan ketidakpastian untuk mencapai keuntungan dan perkembangan. Saat ini telah banyak orang yang tertarik untuk mempelajari entrepreneurship dan menjadi entrepreneur.

Hal ini tidak terlepas dari perkembangan teknologi yang semakin canggih sehingga banyak orang yang melihat banyak peluang yang ada jika dapat menjadikan entrepreneurship sebagai salah satu tujuan untuk mengembangkan ide-ide bisnisnya. Apalagi di era digital saat ini dimana banyak para pelaku usaha yang memasarkan produknya secara digital (digital marketing) dengan memanfaatkan berbagai platform online yang ada.

Salah satu faktor penting untuk membangun karakter entrepreneur adalah dengan pendidikan. Dalam hal ini perguruan tinggi menjadi salah satu wadah untuk membangun karakter entrepereneur mahasiswa khususnya pada era digital ini dengan memanfaatkan digital marketing.

Beberapa perguruan tinggi di Indonesia sudah mulai menyadari pentingnya entrepreneurship dengan diadakannya mata kuliah kewirausahaan untuk menumbuhkan karakter entrepreneur pada mahasiswa karena memiliki banyak manfaat untuk kedepannya.

Digital marketing merupakan strategi pemasaran tingkat tinggi yang berbentuk promosi atau iklan yang disebarkan dengan melalui platform online seperti Google, website, media sosial, email, dan aplikasi.

Dengan menggunakan digital marketing untuk memasarkan produk terdapat manfaat-manfaat lainnya yang dapat diperoleh yaitu :

1. Jangkauan target pasar lebih luas sehingga memudahkan proses pemasaran karena dapat menjangkau seluruh pengguna internet di dunia,

2. Mayoritas masyarakat memakai internet untuk mencari informasi suatu produk,

3. Biaya yang dikeluarkan relatif lebih rendah dan dapat dikelola secara pribadi karena menggunakan platform digital,

4. Lebih menghemat waktu dengan berbagai fitur otomatis daripada melakukan kegiatan promosi secara manual,

5. Pelaksanaan program marketing tidak terikat waktu

Melalui penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa dengan memasarkan suatu produk melalui digital marketing akan banyak manfaat yang dapat diperoleh.

Oleh karena itu sebagai mahasiswa masa kini kita juga harus memahami bagaimana cara untuk menggunakan digital marketing dalam memasarkan suatu produk. Namun, untuk itu perlu adanya pembangunan karakter untuk menjadi entrepreneur mahasiswa melalui digital marketing yaitu :

1. Inovatif dan kreatif yang berbasis teknologi

Dengan menumbuhkan karakter entrepreneur yang kreatif dan inovatif yang berbasis teknologi dapat membantu mahasiswa dalam menentukan keunikan dan kekhasannya bisnisnya sehingga menemukan peluang pasar yang tepat untuk meningkatkan peluang keberhasilan bisnis.

Pada tujuan dan pengambilan resiko, nahasiswa harus selalu mengikuti perkembangan teknologi apa saja yang ada agar tidak tertinggal oleh informasi yang serba cepat ini. Misalnya dengan memanfaatkan media sosial untuk sarana promosi dan iklan produk. Saat ini yang marak yaitu dengan menggunakan platform TikTok yang banyak digemari masyarakat.

2. Dapat menerapkan berbagai konsep kewirausahaan

Ada beberapa konsep kewirausahaan yang harus dimiliki oleh mahasiswa sebelum menjadi entrepreneur yaitu melakukan bisnis berbasis konten, bisnis berbasis komunikasi, bisnis toko online, bisnis match making dan bisnis promosi.

3. Memiliki mental bisnis yang kuat

Setiap digital entrepreneur memiliki keahlian yaitu kreativitas, kepemimpinan, dan berorientasi pada tujuan. Sebagai seorang entrepreneur selain harus memahami bagaimana cara untuk memasarkan produk harus juga memiliki mental bisnis yang kuat agar ketika mengalami beberapa kendala dalam melakukan bisnisnya ia harus memiliki cara yang tepat.

Selain itu, seorang entrepreneur harus memiliki tujuan yang ingin dicapai dalam menjalankan bisnisnya.

4. Berani mengambil resiko

Saat pengambilan keputusan juga seorang entrepreneur harus memiliki sifat yang tegas untuk berani mengambil resiko dan keputusan. Karena pada saat menjalankan bisnis tidak semudah itu akan ada banyak tantangan yang harus dihadapi sehingga memerlukan solusi yang tepat untuk menyelesaikannya.

Entrepreneurship adalah suatu proses menciptakan dan mendirikan bisnis yang berbeda dan memiliki nilai dimana memerlukan inovasi dan kreativitas dari sang pendiri sehingga mampu untuk menghadapi tantangan dengan melihat peluang dari bermacam resiko dan ketidakpastian untuk mencapai keuntungan dan perkembangan.

Dengan teknologi yang semakin canggih ini banyak orang yang tertarik mempelajari entrepreneurship. Apalagi di era digital saat ini dimana banyak para pelaku usaha yang memasarkan produknya secara digital dengan memanfaatkan berbagai platform online yang ada.

Pendidikan merupakan salah satu faktor penting untuk membangun karakter entrepreneur. Dalam hal ini perguruan tinggi menjadi salah satu wadah untuk membangun karakter entrepereneur mahasiswa khususnya pada era digital dengan memanfaatkan digital marketing.

Digital marketing merupakan strategi pemasaran tingkat tinggi yang berbentuk promosi atau iklan yang disebarkan dengan melalui platform online seperti Google, website, media sosial, email, dan aplikasi.

Dengan menggunakan digital marketing untuk memasarkan produk terdapat manfaat-manfaat yang akan diperoleh yakni jangkauan target pasar lebih luas sehingga memudahkan proses pemasaran, biaya yang dikeluarkan relatif lebih rendah, lebih menghemat waktu dengan berbagai fitur otomatis, dan pelaksanaan program marketing tidak terikat waktu.

Sebagai mahasiswa masa kini kita juga harus memahami bagaimana cara untuk menggunakan digital marketing dalam memasarkan suatu produk. Namun, untuk itu perlu adanya pembangunan karakter untuk menjadi entrepreneur mahasiswa melalui digital marketing yaitu inovatif dan kreatif yang berbasis teknologi, dapat menerapkan berbagai konsep kewirausahaan, memiliki mental bisnis yang kuat, dan berani mengambil resiko.**

Oleh: Akroman (Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Tribuana Tunggadewi Malang).

Okebajo.com adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *