Kenangan Natal SMAK Loyola di Paroki St. Simon Petrus Compang

Labuan Bajo | Okebajo.com | Perayaan Natal dan Tahun Baru 2024 meninggalkan banyak kisah  kenangan suka cita. Satu dari sekian kenangan manis akhir tahun 2023 yang tak terlupakan adalah perjumpaan siswa-siswi SMAK St. Ignatius Loyola Labuan Bajo dengan umat Paroki St. Simon Petrus Compang, 23-26 Desember 2023.

Selama tiga hari kunjungan, para pelajar dan guru-guru pendamping tinggal bersama umat. Mereka menyebar ke setiap rumah.

Kenangan manis itu terjadi saat para pelajar bergumul langsung di rumah-rumah warga. Mereka sungguh menikmati suasana Natal di pedesaan.

Kenangan manis dengan nuansa persaudaraan  juga terjalin ketika mereka melakukan berbagai kegiatan di tengah umat Paroki Compang.

Mulai dengan kerja bakti bersama umat di sekitar area Paroki. Membawakan Koor meriah dalam perayaan Malam Natal dan Hari Raya. Juga pertandingan persahabatan (bola kaki dan bola voli) hingga malam pentas seni.

Pembinaan karakter peserta didik

Kepala SMAK St. Ignatius Loyola, P. Agustinus Susanto Naba, SVD S.S, menjelaskan kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk pembinaan karakter serta pengembangan bakat dan minat peserta didik.

“Kunjungan ini juga merupakan bentuk apresiasi dan ungkapan terima kasih kepada orang tua karena telah mempercayakan anak-anak mereka untuk mengeyam pendidikan di SMAK St. Ignatius Loyola”, jelas P. Gusty.

Perayaan Malam Natal dan Hari Raya Natal di Paroki  St. Simon Petrus Compang dipimpin oleh P. Agustinus Susanto Naba, SVD dan dimeriahkan oleh koor para siswa bersama guru SMAK St. Ignatius Loyola.

P. Gusty Naba, SVD menegaskan bahwa makna Natal yang sesungguhnya adalah “Yesus lahir dalam hati kita.”

Sangat berkesan

Ketua Dewan Paroki St. Simon Petrus Compang, Kornelius Irwandi Jehadu, S.Pd mengatakan bahwa umat menyambut antusias kunjungan keluarga besar SMAK Loyola Labuan Bajo. Umat setempat sangat berbahagia merayakan Natal bersama keluarga besar SMAK St. Ignatius Loyola Labuan Bajo.

“Kami umat Paroki St. Simon Petrus Compang bersama Pastor Paroki Rm. Flori sangat berbahagia boleh merayakan Natal bersama keluarga besar SMAK St. Ignatius Loyola Labuan Bajo.”

Pertandingan persahabatan bola kaki dan bola voli putri antara SMAK St. Ignatius Loyola Labuan Bajo versus OMK Paroki St. Simon Petrus Compang dimenangkan oleh siswa-siswi SMAK St. Ignatius Loyola Labuan Bajo dengan skor 2:1 untuk bola kaki dan bola voli dengan skor 3: 2.

Setelah kegiatan olahraga dilanjutkan dengan pentas seni dari siswa-siswi SMAK St. Ignatius Loyola Labuan Bajo. Dalam kegiatan ini siswa-siswi menunjukkan  kemampuan mereka dalam bentuk drama, band SMAK St. Ignatius Loyola (Loyola Band), pertunjukkan musik angklung-kolintang, komedi, dan puisi berantai. Semua kegiatan pentas seni ini merupakan salah satu bentuk kegiatan ekstrakulikuler yang disiapkan dari sekolah.

Acara perpisahan terjadi pada  Selasa (26/12/2023). Kegiatan ini dirangkai dalam acara misa bersama, makan bersama dan pelepasan secara adat oleh tua adat, ucapan terimakasih dari P. Gusty Naba, SVD serta doa pemberkatan oleh Pastor Paroki Compang Rm. Florianus Suryanto, Pr.

Atas nama seluruh umat Paroki Compang, Romo Florianus Suyanto
mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar SMAK. St. Ignatius Loyola Labuan Bajo karena telah memilih Paroki St. Simon Petrus Compang untuk merayalan Natal bersama umat.

Sebagai ungkapan terima kasih dan bentuk kenangan untuk umat Paroki St. Simon Petrus Compang, keluarga besar SMAK St. Ignatius Loyola memberikan bingkisan kado Natal berupa Patung Bunda Maria.**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *