Kantor Kementerian Agama dan PMI Mabar Donor 19 Kantong Darah Siap Pakai

Aksi donor darah di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Manggarai Barat, Jumat (5/1/2024). Foto/Markas PMI Mabar

Labuan Bajo | Okebajo.com | Memperingati Hari Amal Bhakti ke-78, Kantor Kementerian Agama Republik Indonesia gelar aksi kemanusiaan Donor Darah bertajuk “Indonesia Hebat Bersama Umat” di Aula PLHUT Kantor Kementerian Agama Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Jumat, 5 Januari 2024.

Kegiatan sosial ini berlangsung lancar berkat kerja sama Kantor Kementerian Agama Republik Indonesia dengan Palang Merah Indonesia Kabupaten Manggarai Barat.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Manggarai Barat, Fransiskus Xaverius Adi dalam laporannya menyebutkan 19 kantong Darah Siap Pakai terdonor dalam kegiatan amal  tersebut.

Ia merinci Golongan Darah A+ 6 kantong, Gol.Darah Ab+ 0 kantong, Golongan Darah O+ 12 kantong, Golongan Darah B+ 1 kantong dan  Darah reaktif 1 kantong.

Terpisah, Ketua PMI Manggarai Barat,
Yosep Suhardi, SH menjelaskan kegiatan itu sangat membantu masyarakat yang menderita sakit dan membutuhkan donasi darah.

“Saya berterima kasih kepada Kantor Kementerian Agama  Mabar karena kegiatan ini sungguh sangat membantu masyarakat kita yang menderita sakit dan membutuhkan darah”, ujarnya.

Yosep Suhardi berharap, lembaga-lembaga lain di Mabar juga melakukan hal yang sama.

“Kami di PMI selalu siap bekerja sama dengan lembaga manapun untuk misi kemanusiaan”, kata Yosep Suhardi.

Sehari sebelumnya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) dengan Palang Merah Indonesia Manggarai Barat menandatangani Perjanjian Kerja Sama Pelayanan Gratis Pemeriksaan Golongan Darah bagi masyarakat Manggarai Barat.

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama ini dilakukan di Kantor Dukcapil Mabar pada Kamis, 4 Januari 2024.

Perjanjian Kerja Sama kedua lembaga tersebut bertujuan untuk memudahkan masyarakat Manggarai Barat mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan sekaligus dengan pemeriksaan golongan darah sehingga langsung diisi dalam elemen data sesuai golongan darahnya.

Yoseph Suhardi, SH menjelaskan
urgensi dari Kerja sama ini bagi masyarakat  tidak hanya sekadar bisa mengetahui golongan darahnya dan mendapatkan kartu golongan darah. Lebih penting dari itu memudahkan masyarakat bisa mendapatkan jejaring golongan darah, terutama dalam situasi darurat dan membutuhkan transfusi darah.

Kerja sama ini selanjutnya, PMI akan melakukan pemetaan berdasarkan golongan darah sesuai alamat Desa, Kelurahan dan Kecamatan. Pelayanan ini dilakukan secara gratis, tanpa biaya kepada masyarakat. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *